Bom Mobil Diledakkan Di Pakistan, 3 Orang Tewas, 20 Luka-luka

PAKISTAN (wartamerdeka.info) - Sebuah ledakan bom terjadi di pasar di Pakistan timur menewaskan tiga orang dan melukai lebih dari 20 orang, Kamis, 20 Januari 2022.

"Ini ledakan bom," kata juru bicara polisi Arif Rana kepada kantor berita Reuters, dan menambahkan, bom dengan pengatur waktu dipasang di sepeda motor meledak di luar sebuah toko di pasar itu.

Seorang anak laki-laki berusia sembilan tahun termasuk di antara tiga orang yang tewas, katanya.

Dalam pesan singkat yang dikirim ke wartawan Reuters, sebuah kelompok separatis yang baru dibentuk dan berbasis di Provinsi Balochistan di barat daya mengaku bertanggung jawab.

Kelompok itu mengatakan sebuah bank merupakan target serangan. 

Kepolisian mengatakan sedang menjalankan penyelidikan dan terlalu dini menghubungkan ledakan tersebut dengan turnamen kriket Liga Super Pakistan (PSL) mulai pekan depan.

Separatis Balochistan melancarkan pemberontakan dalam skala rendah melawan pemerintah Pakistan untuk menuntut bagian yang lebih besar terkait sumber daya lokal, yang kaya mineral.

Mereka biasanya menyerang kepentingan pemerintah atau proyek-proyek Cina di provinsi yang berbatasan dengan Afghanistan dan Iran itu, tetapi serangan di kota seperti Lahore jarang terjadi.

Cina terlibat dalam pengembangan pelabuhan Gwadar di Laut Arab dan proyek-proyek lain di provinsi tersebut sebagai bagian dari Koridor Ekonomi Cina-Pakistan senilai 60 miliar dolar AS (Rp860,9 triliun), yang merupakan bagian dari inisiatif Belt and Road China.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama