Bakal Sita Perhatian Warga, Karnaval Budaya Multi Etnik Digelar Pada FPDL 2022

KAB GORONTALO (wartamerdeka.info) - Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengungkapkan, karnaval budaya multi etnik, bskalvdigelar pada pelaksanaan FPDL tahun 2022 bulan November mendatang.

Kegiatan ini bakal menyedot perhatian warga. Pasalnya, kegiatan yang dikemas dalam parade budaya itu masing-masing peserta menampilkan berbagai macam aktraksi budaya berbagai daerah,  baik Gorontalo mauoun suku-suku daerah lain yang mendiami Provinsi Gorontalo. 

Parade budaya dimaksud antara lain, parade pakaian adat, parade karawo, parade kenderaan transportasi tradisional tempo doeloe, aktraksi kesenian, aktraksi suku terasing serta aktraksi tradisional gorontalo. 

Hal ini dipaparkan Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo di hadapan Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI sebagai materi presentasi usulan Event Festival Pesona Danau Limboto (FPDL) Tahun 2022.

Kegiatan digelar di Aula Rudis Bupati Gorontalo, berlangsung secara virtula Zoom Meeting Selasa, (16/02/2022

Selanjutnya, perahu dayung tradisional juga bakal digelar lagi. 

Perahu dayung tradisional merupakan kegiatan rutin pada program FPDL. 

"Kegiatan ini adalah salah satu bentuk perhatian pemerintah kepada masyarakat nelayan, sebab nelayan inilah yang memberikan kita manfaat dari hasil danau maupun laut. untuk itu sentuhan melalui event seperti ini utnuk lebih memupuk kebersamaan para nelayan dan menjaga sinergitas antar pemerintah," ujarnya.

Ia pun memaparkan, pameran umkm dan festival kuliner tradisional masih menghiasi event FPDL 2022. 

Pameran UMKM dan festival kuliner akan diikuti oleh UMKM  dan pegiat UMKM se-provinsi gorontalo, dengan menampilkan berbagai hasil produk umkm dan berbagai jenis kuliner makanan hasil alam termasuk ikan olahan yang berasal dari danau Limboto.

Disamping itu, forum anak peduli danau limboto.forum anak peduli danau limboto merupakan kegiatan yang sangat penting dalam rangka menjaga kelestarian danau Limboto. 

Dalam kegiatan ini, kata Nelson, pemerintah mengharapkan adanya sumbangsih pemikiran dari anak bangsa yang akan membahas keberadaan danau limboto yang merupakan salah satu dari 15 danau di indonesia yang dinyatakan kritis. 

"Meskipun danau Limboto masuk sebagai danau prioritas nasional. dalam penanganannya dilakukan terpadu oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Penyelamatan danau Limboto adalah hal yang penting bagi provinsi Gorontalo sebab danau Limboto berfungsi sebagai sumber mata pencaharian warga sekitar danau yang berada di dua daerah (kabupaten gorontalo dan kota gorontalo)," ungkap Nelson. 

Tak keringgaan juga kegiatan gemilang fun run. gemilang fun run merupakan kegiatan sebagai ajang silatuhrahmi antar instansi pemerintah, atlet gorontalo maupun berbagai komunitas lari di provinsi gorontalo, serta menghadirkan pelari dari daerah-daerah lain. kegiatan ini pula dikemas sebagai wujud kegiatan yang menghibur, menyenangkan atau juga dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan prestasi. 

Kegiatan terakhir, ada pemilihan nou dan uti. pemilihan nou dan uti adalah ajang untuk memilih putra putri terbaik yang menjadi duta wisata yang memiliki jiwa pemimpin, berprestasi, memiliki kecerdasan akan budaya gorontalo dan berpenampilan menarik.

"Memiliki kriteria beauty, brand and behaviour menjadi publik figur kabupaten gorontalo yang dapat generasi muda dengan program kerja yang nyata utamanya dalam mempromosikan pariwisata kabupaten gorontalo,"tandasnya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama