Kepala Balai Pemdes Kemendagri Lampung Irsan Tinjau Juara I Lomba Gampong Tingkat Provinsi Aceh

ACEH SELATAN (wartamerdeka.info) -  Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Kepala Balai Pemerintahan Desa (Pemdes) Lampung Irsan, melakukan kunjungan kerja ke Gampong Ujung Batee, Kecamatan Pasie Raja, Kabupaten Aceh Selatan, Provinsi Aceh, Kamis (24/2/2022). 

Kunjungan kerja tersebut, dalam rangka pembinaan dan pengembangan gampong percontohan di Provinsi Aceh.

Dalam kunjungan itu, kedatangan Irsan diterima oleh Asisten I Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan Erwiandi di ruang kerja kompleks Kantor Bupati Aceh Selatan, dengan didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong (PMG) Agustinus.    

Irsan mengatakan, prestasi Gampong Ujung Batee yang berhasil meraih Juara I Lomba Gampong Tingkat Provinsi Aceh Tahun 2021 harus terus mendapatkan pembinaan dan pendampingan oleh semua pihak. Hal ini agar program pembangunan gampong lebih berhasil dan berdaya guna di masa mendatang. 

"Gampong yang sudah juara di setiap tingkatan provinsi/kabupaten/kota perlu didorong agar dapat menjadi model percontohan dan tempat pembelajaran lokasi studi banding bagi gampong di wilayah Provinsi Aceh. Dengan adanya gampong percontohan, maka gampong di Provinsi Aceh tidak perlu lagi ke luar daerah untuk melakukan studi banding, namun cukup di gampong percontohan yang ada," tutur Irsan. 

Dirinya mengapresiasi berbagai upaya luar biasa dari semua pihak dalam meraih prestasi tersebut. Dia berharap, prestasi itu dapat dipertahankan dan ditingkatkan agar bisa menjadi gampong percontohan di Provinsi Aceh, bahkan untuk wilayah regional Sumatera.

Sejalan dengan Irsan, Erwiandi berharap, program pelatihan aparatur desa yang diselenggarakan Balai Pemdes di Lampung akan lebih banyak mengakomodir peserta dari Kabupaten Aceh Selatan dan khususnya Gampong Ujung Batee. 

Dalam kunjungan tersebut, Irsan juga diterima Keuchik Gampong Ujung Batee Saipul di kantornya. Saipul mengatakan, prestasi yang diraih Gampong Ujung Batee merupakan hasil dari upaya maksimal yang dilakukan oleh jajarannya, dukungan dari masyarakat, serta pembinaan dari Dinas PMG. 

"Pemerintah Gampong dalam melaksanakan pemerintahan mengedepankan transparansi, inovatif dan kreatif, sehingga pelayanan pemerintahan dapat berjalan dengan baik dan pemanfaatan potensi gampong dapat dimaksimalkan," tandasnya. (A)

Posting Komentar untuk "Kepala Balai Pemdes Kemendagri Lampung Irsan Tinjau Juara I Lomba Gampong Tingkat Provinsi Aceh"