Kab Gorontalo Optimis Masuk 10 Atau 3 Besar Penghargaan Pembangunan Daerah

KAB GORONTALO (wartamerdeka.info) -  Kepemimpinan Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo di Kabupaten Gorontalo memasuki tahun ke tujuh. Sejak awal Bupati bergelar Profesor itu membangun kerangka perencanaan Pembangunan ke arah lebih baik.

Dengan modal kerangka perencanaan pembangunan daerah yang baik, Nelson Pomalingo pun berhasil menurunkan angka kemiskinan, pengangguran serta kenaikan IPM termasuk berhasil menaikan investasi setiap tahun. 

Dengan prestasi membangun Kabupaten Goorontalo kearah lebih baik lagi,  Nelson Pomalingo  beroleh dukungan dan bimbingan dari Profesor Prof. Mudrajad Kuncoro selaku Rektor Trilogi Jakarta. 

Profesor Mudrajad berkeinginan besar agar Kabupaten Gorontalo di tahun 2023 beroleh penghargaan Pembangunan Daerah (PPD).

Dalam rangka mewujudkan serta meningkatkan keterpaduan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan daerah, Universitas Trilogo melibatkan diri sebagai pendamping dan pembimbing dan itu semua diwujudkan dalam MoU. 

Penandatanganan MoU dilakukan Bupati Gorontalo Prof. Nelson Pomalingo dan Rektor Trilogo Jakarta, Prof. Mudrajad Kuncoro, Selasa (,5/4/2022) di ruang Madani lantai II Kantor Bupati Gorontalo.  

Dalam sambutannya, Bupati Nelson Pomalingo mengatakan, Pemerintah Kabupaten Gorontalo kedatangam  Rektor Universitas Trilogi Sebagai tamu istimewa yang akan memberikan arah bimbingan,dan mendorong akselerasi pencapaian pembangunan lebih baik lagi dalam pencapaian penghargaan Pembangunan Daerah ( PPD), tahun 2023.

Kata Nelson, tiga hal dapat kita lakukan,pertama soal PPD,kedua pengembangan SDM dan ketiga mungkin penulisan buku. 

"Kalau dilihat, perencanaan pembangunan daerah kerangka kita lebih baik lagi dalam membangun daerah. Indikator-indikator hasil bagus karena kemiskinan terus menurun, pengangguran, IPM terus naik termasuk investasi dari tahun ke tahun mengalami kenaikan bahkan  melebih anggaran APBD,"kata Nelson.  

Indikatornya sudah baik, bahkan ke depan nilai LAKIP akan ditingkatkan. PAD ada tren naik walaupun dua tahun ini karena covid 19 sehingga dengan begitu untuk menuju kemandirian bisa tercapai dan diwujudkan. 

Karena itu, hadirnya universitas trilogi di bawah kepemimpinan Prof Mudrajad Kuncoro diharapkan dapat mendampingi kabupaten Gorontalo masuk 10 besar sebagai Kabupaten Terbaik Di Indonesia atau dengan kata lain beroleh penghargaan Pembangunan Daerah (PPD), tahun 2023.

Pendampingan Universitas Trilogi ini pun menurut Nelson momentumnya sangat tepat karena bertepatan dengan perencanaan dan pembahasan anggaran tahun 2023. 

Ia pun menjekaskan, kontrbusi PDRB kepada pemerintah Provinsi kabupaten Gorontalo termasuk besar 35 persen, kontribusi penurunan kemiskinan juga termasuk perolehan WTP setiap tahun terjadi. 

Nelson menambahkan, Inovasi juga banyak tapi tidak tercatat. Kadangkala kita melupakan sejarah. Dokumen -dokumen sejarah itu tidak diutarakan dan disampaikan. 

"Sehingga dengan vegitu, komitmen dan tekad kita tahun depan kabupaten Gorontalo masuk 10 besar sebagai Kabupaten Terbaik di Indonesia dengan penghargaan Pembangunan Daerah (PPD),tahun 2023,"tegas Nelson. 

Bukan saja penghargaan, tapi lebih pada perencanaan sehingga output kita pun lebih baik. Selanjutnya dengan penghargaan itu maka Kabupaten Gorontalo mendapatkan Dana Insentif Daerah (DID) kalau 10 besar dan mudah-mudahan masuk 3 besar  sehingga DID mencapai Rp10 Miliar. 

"Kalau target 10 atau 3 besar dapat diraih maka bertepatan dengan 10 tahun kepemimpinan Kabupaten Gorontalo beroleh Parasmaya," tandas Nelson 

Sebelumnya pada kesempatan itu, Prof. Mudrajad Kuncoro memaparkan dan memberi semangat dalam rangka strategis perencanaan untuk mendapatkan PPD 2023 dihadapan Bupati, sekda dan Pimpinan OPD.

Posting Komentar untuk "Kab Gorontalo Optimis Masuk 10 Atau 3 Besar Penghargaan Pembangunan Daerah"