FKIP UKI Dan FIP UPH Tandatangani Kerjasama Untuk Tingkatkan Kualitas Pendidikan Di Indonesia

Dari kiri ke kanan: Dr Ronny Gunawan (Wakil Dekan FKIP-UKI),  Dr Sunarto (Dekan FKIP-UKI), Oh Yen Nie SE MED, Dekan FIP UPH dan Dr Budhi Wibananto S.Sos, MSi, Wakil Dekan FIP - UPH

JAKARTA (wartamerdeka.info) - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Indonesia (FKIP-UKI)  dan Fakultas Ilmu Pendidikan - Universitas Pelita Harapan  (FIP-UPH) menandatangani kerjasama dalam upaya mengembangkan pendidikan di Indonesia, hari ini.

Penandatanganan MoA (Memorandum Of Agreement) kerjasama ini dilakukan oleh Dr Sunarto MHum, selaku Dekan FKIP - UKI dan Oh Yen Nie SE MEd selaku Dekan FIP-UPH.

"Pendantanganan MoA (Memorandum Of Agreement) ini menjadi momen yang menunjukkan bahwa  kemitraan menjadi hal yang sangat penting dalam upaya mengembangkan pendidikan di Indonesia," ujar Dr Sunarto kepada wartamerdeka, usai acara penandatanganan MoA.

Menurut Sunarto, kerjasama yang akan dilakukan di antaranya dalam bidang penelitian, dan tukar menukar tenaga pengajar dan mahasiswa.

"Melalui kerjasama banyak hal yang bisa kita lakukan ini kita bisa saling banchmarking, kita bisa saling mengadopsi kelebihan dan saling memperlengkapi kekurangan kita masing-masing," tambahnya.

Sementara itu, Dekan FIP UPH, Oh Yen Nie SE MEd mengemukakan, pihaknya bersyukur dan merupakan  suatu kehormatan bagi  FIP-UPH untuk dapat menjalin komunikasi dan kerjasama dengan FKIP UKI melalui penandatanganan MoA. 

"Sebagai sesama Fakultas Ilmu Pendidikan dari Universitas Kristen, kita mempunyai visi dan misi yang sama bagaimana membangun dan memajukan pendidikan yang berkualitas di Indonesia khususnya melalui pendidikan Kristen yang holistis," ujarnya.

Ditambahkan, hari ini bukan hanya tentang selembar kertas atau tentang satu berkas yang akan ditandatangani bersama dan digunakan sebagai dokumentasi MoA. Tetapi penandatanganan MoA ini merupakan bagian dari komitmen kita bersama antara FIP UPH dan FKIP UKI untuk bekerja bersama dalam upaya untuk berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia," tambahnya.

Diungkapkannya, mencermati perkembangan yang terjadi saat ini, kebijakan pemerintah tentang program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), masih rendahnya kinerja dosen terutama dalam bidang penelitian dan PKM, serta permasalahan nasional dalam hal kualitas guru di Indonesia yang harus terus ditingkatkan menjadikan kemitraan antara FIP-UPH dan FKIP UKI menjadi sangat penting.  

"Kami menyadari kami tidak bisa bekerja sendiri dengan visi dan tantangan yang cukup besar di masa yang akan datang," ucapnya.

Melalui kerjasama ini diharapkan, FKIP-UKI dan FIP-UPH dapat senantiasa menajadi  mitra kerja yang berkaitan dengan  Tri Dharma  PT (Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat). 

Mitra kerja yang saling memberikan added value terutama dalam meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan. 

Diharapkan, kerjasama ini akan langsung ditindak lanjuti dengan kegiatan kerjasama yang akan menjadi wujud nyata dari komitmen yang akan kita bangun dan kembangkan bersama di waktu yang akan datang. 

FKIP-UKI dan FIP-UPH   ini mempunyai 5 program studi yang sama (Pendidikan Agama Kristen, Pendidikan Matematika, Pendidikan Biologi , Pendidikan Fisika dan Pendidikan Kimia). 

Lima program studi ini bisa memulai kegiatan bertukar pikiran atau bertukar kegiatan misalnya melakukan kegiatan penelitian atau pengabdian kepada masyarakat bersama. 

Hadir dalam kegiatan tersebut, dari FKIP UKI: Dr. Sunarto, M.Hum, Dr. Handayani Tyas, Ronny Gunawan MPd, Wakil Dekan FKIP UKI, Taat Guswantoro MSi , Kaprodi Pend Fisika, Stevi Natalia MSI Kaprodi Pendidikan Matematika, Nova Simatupang MSi Kaprodi  Pendidikan Kimia, Siri Azahra MSi, Bidang Penjaminan Mutu

Dari FIP-UPH: Dekan FIP: Oh Yen Nie, S.E., M.Ed, Wakil Dekan FIP : Dr. Budi Wibawanta, S.Sos., M.Si, Kaprodi Pendidikan IPS: Ariani Tandi Padang  M.Pd, Kaprodi Pendidikan Ekonomi: Asih Enggar Susanti, M.Pd,  Kaprodi PGSD: Atalya Agustin, M.Pd, Kaprodi Pendidikan  Biologi  : Destya Waty Silalahi, S.Pd.Si., M.Pd, Kaprodi Pendidikan Kimia: Kelly Sinaga, S.TP., M.PKim, Kaprodi Pendidikan Matematika: Kurnia Putri Sepdikasari Dirgantoro, M.Pd, Kaprodi Pendidikan Fisika: Kurniawati Martha, S.Si., M.Pd, Kaprodi Pendidikan Agama Kristen :  Lindawati, S.H., M.Div., M.Th.K.

(Ar)

Posting Komentar untuk "FKIP UKI Dan FIP UPH Tandatangani Kerjasama Untuk Tingkatkan Kualitas Pendidikan Di Indonesia"