Pencanangan KSB, Sekda Abustan Sebut Barru Rawan Bencana

BARRU (wartamerdeka.info) - Sekretaris Daerah Kabupaten Barru Dr abustan M.Si menghadiri kegiatan pencanangan kampung siaga bencana oleh Kementerian Sosial di Lapangan Takkalasi kec, Balusu, Sabtu (17/9/2022).

Sekda Barru menyampaikan, Kabupaten Barru, yang terdiri 7 Kecamatan dan 55 Desa/Kelurahan  dikaruniai oleh Allah SWT kondisi alam yang lengkap mulai dari pegunungan, dataran, dan pantai, 

Di balik lengkapnya kondisi alam itu ternyata menyimpan potensi kebencanaan di mana wilayah pegunungan berpotensi longsor dan pergerakan tanah, wilayah dataran angin puting beliung, wilayah pesisir banjir dan rob.

Dalam kegiatan tersebut, Direktur PSKBA ( Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam ) Kementerian Sosial RI, Drs.H.Iyan Kusmadiana, MPS, Sp Kemensos RI  Ian Kusmadiana,  mengatakan Indonesia adalah negara yang rawan bencana. 

Untuk itu, masyarakat harus tampil terdepan dalam meminimalisir bencana, dan masyarakat pula yang pertama merespon terjadinya bencana, maka dari itu diperlukan pelatihan kawasan siaga bencana kepada TAGANA baik tingkat Kabupaten dan Kecamatan. 

"Saya bangga atas kesiapan stakeholder di daerah ini. Apalagi memenang KSB tidak hanya warna Dinsos," katanya. 

Dikatakan, Program Pencanangan Kampung Siaga Bencana (KSB) adalah program Kementerian Sosial RI dibawah Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam. 

Program tersebut dirancang untuk memberikan perlindungan sosial kebencanaan di masyarakat terutama wilayah rawan bencana, program ini dimaksudkan untuk mempersiapkan masyarakat yang berada di wilayah rawan bencana agar siap siaga menghadapi bencana yang mungkin datang kapan saja. 

Mereka dibekali dengan kemampuan pertolongan pertama, evakuasi, pendirian shelter, penyiapan logistik, dapur umum dan sebagainya.

Acara diakhiri dengan simulasi penanganan bencana. 

Hadir Kepala Dinas Sosial Prov Sulsel Drs. A. Irawan Bimtang MT. Ketua DPRD Barru Lukman T. Unsur Muspida. Ketua PN. Kepala OPD dan undangan. 

(syam)

Posting Komentar untuk "Pencanangan KSB, Sekda Abustan Sebut Barru Rawan Bencana"