Bupati Barru Harap Hasil Musyawarah Mappalili Dilaksanakan Bersama

BARRU (wartamerdeka.info) - Bupati Barru H.Suardi Saleh mengatakan, Musyawarah Mappalili atau turun sawah merupakan budaya masyarakat bugis,  khususnya Barru yang digelar sebagai simbol dimulainya aktifitas  turun sawah pada setiap musim tanam.

Hal itu disampaikan Bupati Barru saat menghadiri acara syukuran Mappalili tingkat kecamatan Balusu MT.2022/2023 dan 2023,  di dusun Palie Desa Madello, Rabu (9/11/2022).

"Mappalili, sebuah ritual acara yang dilaksanakan  masyarakat  petani untuk memohon kepada Allah SWT agar aktifitas yang dilakukan para petani tidak menemui hambatan hingga panen tiba sebagai tumpuan harapan hidup kita ke depan," jelas Bupati Barru.

Bupati Barru menegaskan, yang penting pada acara syukuran Mappalili turun sawah ini adalah melaksanakan keputusan yang telah disepakati. 

"Yang penting saya ingatkan bahwa kesepakatan yang diputuskan didalam acara syukuran Mappalili harus dilaksanakan, seperti kesepakatan  waktu taman, bibit,  waktu panen dan lainnya. Kalau itu tidak dilaksanakan sesuai kesepakatan tentu hasilnya tidak maksimal," sebut Bupati. 

Dirinya mengapresiasi atas capaian pada sektor pertanian yang produktifitasnya makin tinggi dimana berdasarkan data dari BPS, kabupaten Barru peningkatan produksinya terbesar ketiga di Sulawesi Selatan yang naik mencapai angka 14 % lebih. 

"Jangan berpuas diri dengan capaian itu. Teruslah melakukan berbagai upaya seperti upaya luas tambah tanam. Jangan terpaku pada padi saja  tapi lalukan identifikasi soal kebutuhan lahan sehingga lahan jangan dibiarkan kosong," tandas Bupati. 

Turut hadir Wakil Ketua DPRD Barru AFK. Majid. Kepala BPS, Staf Ahli Bupati. Kadis Pertanian, Kadis Perhubungan, Kaban Kesbangpol, Kasatpol PP Damkar dan Penyelamatan, Camat Balusu, Kepala Desa Madello dan para anggota kelompok tani. 

(syam)

Posting Komentar untuk "Bupati Barru Harap Hasil Musyawarah Mappalili Dilaksanakan Bersama"