Bupati Barru Pimpin Apel Kesiapsiagaan Bencana dan HKN

BARRU (wartamerdeka.info) - Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh, M.Si, pimpin upacara Hari Kesadaran Nasional (HKN) dirangkaikan dengan apel kesiapsiagaan menghadapi bencana alam di Kabupaten Barru di halaman kantor Bupati, Jumat (18/11/2022).

Peserta Upacara, unsur TNI, Polri, Dinas Kesehatan, BPBD, Satpol, para perwakilan ASN dari seluruh OPD serta unsur lainnya yang terkait.

Dalam sambutannya, Bupati mengemukakan, kita telah berada pada akhir tahun 2022, untuk itu dia muinta untuk menjaga disiplin, semangat dan kinerjanya sehingga target-target capaian pembangunan dapat kita capai tahun ini.

Lanjut Bupati, kesiapsiagaan pengamanan bencana ini merupakan wujud kesiapan Polri bersama dengan TNI dan Instansi terkait lainnya dalam menghadapi bencana yang terjadi.

Disamping itu apel ini, sebagai sarana untuk konsolidasi dan pengecekan personel beserta kelengkapan sarana prasarana sebelum menghadapi tugas pengamanan bencana di Kabupaten Barru.

Saat ini, kita sudah masuk pertengahan bulan November, yang artinya memasuki penghujung tahun 2022, berdasarkan surat menteri dalam negeri nomor: 360/7235/SJ Tanggal 1 November 2022 perihal kesiapsiagaan menghadapi potensi bencana Hidrometerologi dan surat gubernur Sulawesi Selatan terkait penyampaian antisipasi potensi bencana alam.

"Akhir-Akhir ini, selain ancaman Pandemi Covid-19, cuaca ekstrim seperti curah hujan yang tinggi disertai angin kencang yang dapat mengakibatkan bencana alam seperti tanah longsor dan banjir," ungkap Bupati

Berdasarkan surat menteri dalam negeri dan Gubernur Sulawesi Selatan, maka saya menghimbau kepada Dinas terkait, pemerintah Kecamatan, pemerintah Desa dan Kelurahan untuk mengambil langkah antisipasi terjadinya bencana.

Langkah yang diambil, menyiapkan sumber daya perangkat daerah, masyarakat dan dunia usaha untuk mengantisipasi terjadinya bencana, melakukan simulasi tanggap darurat, membentuk posko, melakukan pemantauan secara cermat dan berkelanjutan, dan apabila terjadi bencana maka pemerintah secara berjenjang melakukan pendataan.

Hadir dalam upacara ini, unsur Fokopimda, para Staf Ahli, para Asisten, para Kepala OPD, para Camat se-Kabupaten Barru.

(Humas IKP/Syam)

Posting Komentar untuk "Bupati Barru Pimpin Apel Kesiapsiagaan Bencana dan HKN"