Iklan

 


Iklan

 


,

MENU

Iklan

 


KJRI Marseille Kampanye “Indonesia Spice Up The World” Di Prancis Selatan

Rabu, November 30, 2022, November 30, 2022 WIB Last Updated 2022-11-30T10:35:35Z

Pada 27 November 2022 KJRI Marseille menggelar acara “Les Saveurs de l’Archipel” sebagai upaya mendukung program “Indonesia Spice Up the World” yang diluncurkan Presiden Jokowi pada 2021.  Kegiatan tersebut diihadiri oleh Korps Konsuler Marseille dan pelaku bisnis setempat. Perwakilan Konsuler di Marseille yang hadir diantaranya dari Amerika Serikat, RRT, Jepang, Turkiye, Madagaskar, Malaysia, Thailand, Filipina dan Vietnam hampir semua bersama spouse masing-masing. 

Dalam sambutan pembukaan, Konsul Jenderal RI di Marseille, Arief Basalamah, antara lain menyampaikan program “Indonesia Spice Up the World” yang digencarkan hingga 2024 dengan target mendorong ekspor produk rempah Indonesia dan memperluas komunitas pencinta kuliner Indonesia melalui pembukaan restoran-restoran baru di luar negeri. 

Konjen Arief Basalamah mengakui bahwa jumlah restoran Indonesia di wilayah Prancis selatan saat ini memang belum banyak, namun setidaknya tercatat 4 restoran di Marseille dan masing-masing 1 di kota-kota Toulouse, Nice, Séte dan Montpellier. 

Selain itu, produk rempah dan bumbu Indonesia sudah banyak dijual di toko-toko Asia di Prancis. Konsul Jenderal RI juga mendorong para hadirin untuk mengakses platform binaan KJRI Marseille www.glarane.com guna menemukan daftar restoran dan toko yang menjual aneka produk makanan serta kriya Indonesia di Prancis selatan. 

Acara ini menampilkan pembicara Jacques Couillerot, mantan Atase Kebudayaan Kedubes Prancis di Jakarta yang memaparkan Jalur Rempah dalam perspektif sejarah. Paparan yang disajikan secara ringkas dan menarik tersebut ditutup dengan sejumlah foto karya pribadinya seputar Kepulauan Maluku yang menampilkan kemolekan pantai, gedung bersejarah dan perkebunan pala di Pulau Banda serta Pulau Seram.

Puncak acara berupa jamuan makan siang yang diawali dengan hidangan pembuka dingin/entrée froide: Gado-Gado Jakarta, diikuti hidangan pembuka hangat/entrée chaude: Soto Banjar. Sebagai hidangan utama/plat principal disajikan Nasi Goreng dengan lauk Rendang Padang, Sate Ayam Madura dan Sate Lilit ikan Bali. Sebagai hidangan penutup disajikan kue lupis dengan pelengkap irisan mangga dan buah framboise. Untuk menemani hidangan penutup, para tamu juga disuguhi pilihan kopi Aceh-Gayo atau teh khas Indonesia.

Para tamu jamuan menyampaikan apresiasi tinggi atas penyelenggaraan “Les Saveurs de l’Archipel” yang memberikan perspektif baru tentang rempah-rempah, kuliner dan kekayaan alam Indonesia. Sebagian menyatakan keinginannya berkunjung ke Indonesia terutama untuk menikmati pantai dan taman laut yang indah seraya mencicipi langsung kekayaan kuliner Indonesia. (A)

Iklan4

 


HEAD LINE

Survei Polmatrix: Tingkat Kepuasan Publik Terhadap kepemimpinan Presiden Jokowi Capai 75,5 Persen

JAKARTA (wartamerdeka.info) - Hasil survei Polmatrix menunjukkan tingkat kepuasan publik terhadap kepemimpinan Presiden Republik Indonesia ...