Persiapan Kemendagri Perkuat Urusan Pertanian dan Pangan di 2024: Kita Harus Cermat!

Kasubdit Pertanian dan Pangan Ditjen Bangda Kemendagri, Gunawan Eko Movianto

JAKARTA (wartamerdeka.info) - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memastikan kesiapan urusan pertanian dan pangan untuk tahun 2024 yang akan datang. Oleh sebab itu, pemerintah pusat dan daerah diminta saling bersinergi.


Kasubdit Pertanian dan Pangan Ditjen Bina Pembangunan Daerah (Bangda) Kemendagri, Gunawan Eko Movianto mengatakan bahwa, dua urusan tersebut nantinya akan dibahas dalam agenda Rapat Koordinasi Teknis Perencanaan Pembangunan (Rakortekrenbang), yang rencananya dilaksanakan pada 27 Februari-10  Maret 2023.


"Pada kesempatan ini, kita akan menyepakati antara Kementerian/Lembaga dan Pemda secara bersama-sama berkontribusi dalam mencapai target pembangunan nasional, sesuai dengan kewenangan masing-masing," kata Gunawan di sela-sela persiapan Rakortekrenbang di Hotel Swis Belresidences, Selasa, 14 Februari 2023.


Dalam paparan Gunawan, pihaknya ingin mengkonfirmasi kembali kepada Kementerian/ Lembaga terkait, apakah indikator-indikator yang sudah diterapkan pada tahun sebelumnya terjadi perubahan. Pasalnya, konsep dan acuan Rakortekrenbang masih sama seperti tahun 2022. 


"Jangan sampai Pemerintah Daerah tidak mengetahui adanya penambahan ataupun pengurangan indikator dan target capaian, sehingga diperlukan pencermatan kembali," tuturnya.


Tidak hanya itu, Rakortekrenbang juga akan membahas soal program-program Kementerian/ Lembaga terhadap isu-isu prioritas yang berkembang. Untuk itu, diharapkan dari pertemuan ini akan ada masukan dari berbagai pihak untuk memaksimalkan konsep program yang telah dibuat.


Sebagai informasi, persiapan Rakortekrenbang dihadiri oleh Kementerian Pertanian dan Badan Pangan Nasional juga Bappenas. (A)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama