Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Daerah Provinsi Sulawesi Barat Gelar Rakor Tahun 2023


MAMUJU (wartamerdeka.info) - Rapat Koordinasi, Sinkronisasi dan Rekonsiliasi Data Pendidik dan Tenaga Kependidikan Provinsi Sulawesi Barat Tahun 2023 diselenggarakan Selasa-Rabu, 14-15 Maret 2023 bertempat di Hotel Berkah Jl. Soekarno Hatta Mamuju.


Rakor ini resmi dibuka Plt Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Daerah Provinsi Sulawesi Barat,  Drs.  H.M. Natsir, MM. yang juga adalah Inspektur pada Inspektorat Provinsi Sulawesi Barat. 


H.M.  Natsir  dalam sambutannya menyampaikan bahwa setidaknya ada 3 isu yang sangat urgen untuk  dibahas dan disepakati dalam Rakor ini antara lain: 


1) Uji Kompetensi Keahlian (UKK) yang sedang berjalan di SMK sejak 13 Maret kemarin, dan Ujian Sekolah SMA/SMK yang akan berlangsung pada tanggal 3 s.d 15 April 2023 dalam suasana Bulan Suci Ramadhan 1444 Hijriah.


2) Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) Penyebarannya harus  memenuhi azas pemerataan dan keadilan dalam rangka memamujukan dan meningkatkan mutu pendidikan di setiap satuan pendidikan SMA/SMK/SLB Daerah Provinsi Sulawesi Barat. 


3) Pengawas Sekolah SMA/SMK/SLB yang hampir habis seiring dengan usia mereka yang memasuki masa purna bakti. Sehingga perlu dibahas pengadaannya sesuai dengan mekanisme,  aturan perundang-undangan yang berlaku.


4) PPDB 2023 dan perlu perhatian kita semua terhadap Program Strategis Pemprov. Sulbar tentang Program Tangani Langsung Anak Tidak Sekolah (PORTAL-ATS) dan Penanganan Anak Stunting. 


Dr. Jalani, SE, MM.


Di sela-sela sambutannya, dia menyampaikan rasa senang dan bahagia,  karena Rakor kali ini sangat istimewa, dihadiri langsung oleh Widiyaprada Ahli Madya/Koordinator Pokja Peningkatan Kapabilitas Pendidik dan Tenaga Kependidikan (KP-PTK) dari Direktorat SMK Dirjen Pendidikanvokasi Kemendikbudristek RI, Dr. Jalani, SE, MM.


Tujuan Kegiatan Rakor ini adalah untuk menyamakan Persepsi dan Informasi terkait Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang ada di Tingkat Satuan Pendidikan SMK/SMA/SLB se-Provinsi Sulawesi Barat Tahun 2023.


Peserta yang hadir pada kegiatan ini sesuai laporan panitia, Yusriana, S.Pd, Kepala SMK/SMA/SLB Negeri se-Sulawesi Barat, sebanyak 150 orang.


Mereka didampingi Ketua MKKS-SMK dan Ketua MKKS-SMA masing-masing dari 6 Kabupaten.


Adapun MKKS dimaksud adalah : Ketua MKKS-SMK dari Kabupaten Mamuju, Drs. Makhmudi, Kabupaten Polewali Mandar, Rizal, S.Pd. M.Pd., Kabupaten Mamuju Tengah, Drs. Amiruddin, M.Pd. Kabupaten Majene, Drs. Nurdin Sanuddin, Kabupaten Mamasa, Dominggus Ma'dika, S.Pd. M.Pd., Kabupaten Pasangkayu, Usman, S.Pd. M.Pd. 


Ketua MKKS-SMA dari Kabupaten Mamuju, Drs. H. Sudirman, M.Pd., Kabupaten Mamasa, Rudy Demmalona, S.Pd. MM., Kabupaten Polewali Mandar,  Muhammad Hatta, S.Pd. M.Pd. Kabupaten Mamuju Tengah, M. Yusuf, S.Pd. M.Pd., Kabupaten Pasangkayu, Arman, S.Pd. M.Pd. Kabupaten Majene,  Drs. Hamzah, M.Pd. 


Hadir Pula Ketua MKKS-SMK Provinsi Sulawesi Barat,  Drs. Sirajuddin, M.Pd. bersama Ketua MKKS-SMA, Drs. H. Sudirman, M.Pd.


Kabid PTK dan Kurikulum, Andi Irma Trisnawati, S.Pd., Kabid PSMK, Irham Yakub, S.Sos. M.Si., Kabid PSMA, Drs. Muhammad Faezal, M.Si., Kabid PLB, Yusran, S Pd. M.Pd., para Kasi dan Kasubag serta sejumlah Staf dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah Provinsi Sulawesi Barat juga turut hadir pada Kegiatan Rapat Koordinasi, Sinkronisasi dan Rekonsiliasi Data Pendidik dan Tenaga Kependidikan Provinsi Sulawesi Barat Tahun 2023 ini.

(Sjahrir Tamsi)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama