Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 


 


Camat Neglasari Dorong Masyarakat Manfaatkan Lahan Tidur Saat Pandemi Covid-19

TANGERANG (wartamerdeka.info) - Wabah pandemi Covid yang berkepanjangan berdampak kepada kondisi ekonomi masyarakat dan berimbas kepada daya beli yang semakin menurun.Untuk menyikapi hal tersebut maka perlu difasilitasi kegiatan masyarakat untuk bisa bertahan.

Salah satu solusinya adalah pemanfaatan lahan tidur yang ada di wilayah tersebut. Upaya ini diharapkan dapat menciptakan guna  mendukung ketahanan ekonomi serta ketahanan pangan warga sekitar.

Seperti yang dilakukan Camat Neglasari Kota Tangerang Tubagus Sanny Soniawan AP MSi.

Beberapa lahan tidur  yang ada di wilayahnya saat ini tidak dipakai pemiliknya, Sanny mengizinkan  dan bahkan mendorong warga di sekitarnya memanfaatkan lahan tidur tersebut untuk diolah atau ditanami tanaman yang dibutuhkan masyarakat.

Inisiatif Camat Tubagus Sanny Soniawan ini tentu saja patut diaprisiasi.

Namun menurut Sanny, perlu dipahami, agar tidak terjadi persoalan atau konflik di kemudian hari  antar warga pengelola dan pemilik lahan maka semua pihak harus mengikuti semua aturan yang ditetapkan.

"Prinsipnya apapun kegiatan mayasarakat untuk  meningkatkan ketahanan ekonomi dan pangannya akan saya dukung, yang penting  kegiatan warga di lahan tidur yang ada itu dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekitarnya. Apalagi dalam kondisi pandemi Covid 19 saat ini. " Ujar Sanny di Kantornya, Kamis (28/01).

Menurutnya, pemanfaatan lahan tidur oleh masyarakat merupakan program Pemerintah untuk meningkatkan ketahanan pangan di tengah situasi pandemi Covid 19 hingga saat ini  masih terjadi. Untuk itu Camat Neglasari  meminta kepada penggarap lahan untuk  menanam jenis tanaman yang usia panennya singkat seperti  pohon cabe, kangkung ,tomat dan kebutuhan pokok pangan lainnya dan tidak menanam jenis tanaman yang masa panennya lama seperti pohon sengon 

"Kurang paslah kalau seluruh lahan yang dipakai ditanami pohon sengon, dipastikan akan menimbulkan pertanyaan di banyak pihak  dan juga masalah di kemudian hari," tegas Pak Camat.

Pernyataan Camat Neglasari tersebut menjawab permasalahan yang muncul antar warga penggarap  lahan milik Kementrian PUPR di bantaran sungai Cisadane   Rt 02 Rw 06 Kelurahan Mekarsari Kecamatan Neglasari Kota Tangerang.

Untuk menyelesaikan persoalan  salah pengertian antar warga panggarap lahan tidur tersebut Sanny menghimbau agar semua pihak mengikuti aturan dan bisa menahan diri serta mengedepan musyawarah. "Saya sudah minta  Lurah Mekarsari untuk menyelesaikannya," pungkas Sanny.

(Hanafi)

Posting Komentar untuk "Camat Neglasari Dorong Masyarakat Manfaatkan Lahan Tidur Saat Pandemi Covid-19"