Dorong Kesejahteraan Guru PAUD, Fory Minta Kualitas Anak Didik Ditingkatkan

KAB GORONTALO (wartamerdeka.info) - Kesejahteraan para Guru Honorer di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) menjadi prioritas Bunda PAUD Kabupaten Gorontalo Fory Naway untuk diperjuangkan. Fory terus mendorong pemerintah daerah kabupaten Gorontalo serta yang paling penting pemerintah desa agar memperhatikan kesejahteraan para guru-guru PAUD ini.

"Sejak awal saya telah bersama Guru-Guru PAUD di tingkat desa mengikuti bimtek peningkatan kapasitas hingga sosialisasi perbup tentang standar pelayanan minimal di lembaga PAUD, saya peroleh banyak informasi terkait kebijakan yang tidak merata, temasuk perhatian dan kepedulaian kurang termasuk program merdeka belajar,” ujar Fory Naway saat disambangi usai memberikan sambutan pada sosialisasi Perbup tentang Standar Pelayanan Minimal PAUD, yang diselenggarakan di Aula Ambu BPPAUD-DIKMAS Provinsi Gorontalo, Senin (27/12/2021).

Fory juga menyebutkan sejumlah kekurangan lain dalam pengembangan PAUD di Kab Gororontalo Misalnya guru penggerak dan sekolah penggerak, belum begitu maksimal dilaksanakan. Sehingga dengan adanya standar pelayanan minimal untuk satu tahun pra SD, tentunya seluruh guru PAUD lebih mempersiapkan data untuk anak - anak usia 5-6 tahun. 

Ia pun mengatakan, saat ini pelimpahan kebijakan untuk kesejahteraan guru honorer tingkat lembaga PAUD desa merupakan tanggungjawab pemerintah desa. 

"Urusan PAUD diserahkan di desa masing-masing. Sehingga yang dituntut adalah kapasitas dan kualitas anak didik termasuk sumber daya manusia para pendidik itu sendiri," imbuhnya.

Pemerintah daerah saat ini memberikan reward kepada pemerintah desa atas capaian vaksinasi Covid-19, karena itu, dirinya pun meminta kepada pemerintah daerah untuk memberikan reward terhadap lembaga PAUD yang hari ini dengan getolnya meningkatkan kualitas pendidikan.

Memang, kata Fory, reward itu pun didapat harus berbanding lurus dengan kinerja para guru dalam peningkatan kukitas anak didik termasuk SDM para guru paud itu sendiri 

"Kita terus perjuangkan peningkatan kesejahteraan Guru PAUD, namun disisi lain juga saya berharap kepada guru PAUD untuk lebih maksimal dalam meningkatkan standar pelayanan minimal, kualitas anak didik termasuk meningkatkan SDM tenaga pendidik," tandasnya. 

Sebenarnya kata Fory, seharusnya guru menuntut bagaimana kualitas mengajar untuk diri sendiri, untuk siswa yang imbasnya kepada keluarga. 

"Kalau kita bagus, profesional, dimana pun kita dihargai. Nilai uang itu pasti akan datang. Kalau kita sudah tidak berkualitas karena satu kebijakan itu salah dan tidak bisa diambil jadi ukuran," pungkas Fory Naway. (Irf)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama