Iklan

 


Iklan

 


,

MENU

Iklan

 


Diresmikan Bupati Lamongan, Pujasera Sumberwudi Jadi Icon Branding Desa

Kamis, Desember 01, 2022, Desember 01, 2022 WIB Last Updated 2022-11-30T22:57:34Z

LAMONGAN (wartamerdeka.info) -Membangun Pujasera untuk penguatan branding desa dan menumbuhkan geliat perekonomian masyarakat. Desa Sumberwudi Kecamatan Karanggeneng adalah satu dari 97 desa berstatus Mandiri. Pujasera yang dibangun dengan Dana Desa tersebut, berlokasi di lapangan desa setempat dan diresmikan bupati Lamongan, Yuhronur Efendi, Rabu (30/11). 

"Senang sekali, saya bisa datang ke pujasera kebanggaan masyarakat Desa Sumberwudi. Semoga Pujasera ini semakin maju dan berkembang. Ayo datang di Pujasera Sumberwudi, ada beraneka ragam jajanan, makanan, minuman dan lainnya," kata Bupati. 

Menurut bupati Yuhronur, berbagai bantuan termasuk dana desa bisa dimanfaatkan masyarakat untuk membangun perekonomian desa, dimana salah satunya dengan pembangunan pasar ataupun pujasera seperti Desa Sumberwudi. 

"Saya yakin dengan pembangunan dan perencanaan yang tepat, dana desa bisa digunakan untuk membangun desa yang nantinya akan mandiri secara ekonomi, memanfaatkan dana desa berdaya dengan membangun Pujasera, icon desa Sumberwudi adalah salah satunya" lanjutnya. 

Pelaku UKM Lamongan bisa memanfaatkan pasar online  "NikiLa" sebagai wadah untuk memperluas promosi produknya. Sehingga produk UKM Lamongan semakin mudah dijangkau masyarakat.

Sementara itu, Kades Sumberwudi. Syakuri, sebut pembangunan Pujasera ini menggunakan anggaran dana desa berdaya dari Provinsi Jawa Timur dan swadaya masyarakat. Dengan harapan akan meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Alhamdulillah kami bisa mewujudkan pembangunan  pujasera ini. Ini icon desa, kebanggaan kita semua, masyarakat Desa Sumberwudi yang punya usaha dan produk olahan silahkan jual disini," tuturnya. 

Di Kabupaten Lamongan sendiri terdapat 97 desa berstatus mandiri, 189 desa berstatus maju dan 176 desa berstatus berkembang. 

Perolehan status desa menjadi mandiri tentu tidaklah mudah, untuk itu pemerintah provinsi memberikan tambahan alokasi dana sebesarnya Rp 100 juta kepada desa berdaya, yakni desa yang masuk kategori desa mandiri dari presentase nilai tertinggi di seluruh Jawa Timur. Dimana jumlah lokasi desa berdaya tahun 2022 di Provinsi Jawa Timur sebanyak 137 desa yang tersebar di 27 kabupaten/kota, dan 5 (lima) diantaranya ada di Kabupaten Lamongan, termasuk salah satunya Desa Sumberwudi Kecamatan Karanggeneng.

Pada kegiatan tersebut, Kadis BPM, M. Zamroni turut mendampingi Bupati Yuhronur, dan sejumlah kepala OPD lainnya. (Mas)

Iklan4

 


HEAD LINE

Survei Polmatrix: Tingkat Kepuasan Publik Terhadap kepemimpinan Presiden Jokowi Capai 75,5 Persen

JAKARTA (wartamerdeka.info) - Hasil survei Polmatrix menunjukkan tingkat kepuasan publik terhadap kepemimpinan Presiden Republik Indonesia ...