Urgensi Peran Parenting Terhadap Anak untuk Memilih Pendidikan Vokasi (bag.2 habis)

                 Oleh : Sjahrir Tamsi

Mengenali Minat dan Bakat Anak.

Misalnya, jika anak memiliki minat pada Bidang Teknologi, Teknik Sepeda Motor, Teknik Komputer dan Jaringan atau Teknik Elektronika Industri ataupun Desain Komunikasi Visual adalah menjadi alternatif satu diantaranya pilihan  yang bisa didiskusikan dengan anaknya.

Bagi sebagian anak dan orang tua, salah satu alasan untuk memilih Pendidikan Vokasi dan masuk SMK adalah ekspektasi untuk segera bekerja setelah lulus sekolah. Tak sedikit anak dan orang tua yang bertanya-tanya, di SMK Bidang/Program Keahlian yang cepat cari kerja itu apa saja dan elegan menjadi wirausahawan yang mandiri. Ada pula orang tua yang mencari tahu tentang pilihan Bidang/Program Keahlian atau Konsentrasi Keahlian pada SMK yang cocok untuk anaknya, baik wanita maupun pria.

Namun sebenarnya cara memilih Bidang/Program Keahlian atau Konsentrasi Keahlian pada SMK berbeda jauh dari cara memilih untuk masuk di SMA.
Oleh karena Bakat dan Minat anak, serta intervensi Parenting juga mempunyai peranan penting dalam memilih Bidang/Program Keahlian atau Konsentrasi Keahlian pada SMK. 

Sekarang ini di SMK terdapat 10 Bidang Keahlian, 50 Program Keahlian, dan 126 Kompetensi Keahlian yang kemudian dikonversi menjadi Konsentrasi Keahlian dalam Kurikulum Merdeka. 

Hal ini cukup mudah bagi anak remaja Alumni SMP/MTs atau yang sederat untuk melanjutkan Bakat dan Minatnya dengan menjatuhkan  pilihan terbaiknya pada SMK. 

Adapun Bidang/Program Keahlian dimaksud adalah sebagai berikut :
1. Teknologi Konstruksi dan Properti yang terdiri atas Teknik Perawatan Gedung, Konstruksi dan Perawatan Bangunan Sipil, Teknik Konstruksi dan Perumahan, dan Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan;
2. Teknologi Manufaktur dan Rekayasa, yang terdiri atas Teknik Mesin, Teknik Otomotif, Teknik Pengelasan dan Fabrikasi Logam, Teknik Logistik, Teknik Elektronika, Teknik Pesawat Udara, Teknik Konstruksi Kapal, Kimia Analisis, Teknik Kimia Industri, dan Teknik Tekstil;
3. Energi dan Pertambangan, yang terdiri atas Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Energi Terbarukan, Teknik Geospasial, Teknik Geologi Pertambangan, dan Teknik Perminyakan;
4. Teknologi Informasi, yang terdiri atas Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim, serta Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi;
5. Kesehatan dan Pekerjaan Sosial, yang terdiri atas Layanan Kesehatan, Teknik Laboratorium Medik, Teknologi Farmasi, dan Pekerjaan Sosial;
6. Agribisnis dan Agriteknologi, yang terdiri atas Agribisnis Tanaman, Agribisnis Ternak, Agribisnis Perikanan, Usaha Pertanian Terpadu, Agriteknologi Pengolahan Hasil Pertanian, dan Kehutanan;
7. Kemaritiman, yang terdiri atas Teknika Kapal Penangkapan Ikan, Nautika Kapal Penangkapan Ikan, Teknika Kapal Niaga, dan Nautika Kapal Niaga;
8. Bisnis dan Manajemen, yang terdiri atas Pemasaran, Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis, dan Akuntansi dan Keuangan Lembaga;
9. Pariwisata, yang terdiri atas Usaha Layanan Pariwisata, Perhotelan, Kuliner, serta Kecantikan dan Spa; serta
10. Seni dan Ekonomi Kreatif, yang terdiri atas Seni Rupa, Desain Komunikasi Visual, Desain dan Produksi Kriya, Seni Pertunjukan, Broadcasting dan Perfilman, Animasi, dan Busana.

Sebagai panduan untuk orang tua, di bawah ini adalah beberapa cara memilih Bidang/Program Keahlian atau Konsentrasi Keahlian pada SMK yang tepat bagi anak :

Ketahui peluang kerja lulusan dari  Bidang/Program Keahlian atau Konsentrasi Keahlian pada SMK yang masuk pertimbangan tadi. Perhatikan ketersediaan lapangan kerja dan permintaan pasar untuk Bidang/Program Keahlian atau Konsentrasi Keahlian tersebut. Ingat perkembangan teknologi saat ini sangat berdampak terhadap cepatnya perubahan di dunia kerja.

Pertimbangkan juga kemampuan akademik anak agar dapat memilih Bidang/Program Keahlian atau Konsentrasi Keahlian terbaik. Hindari memilih Bidang/Program Keahlian yang terlalu sulit karena dapat mempengaruhi hasil belajarnya.

Pelajari potensi penghasilan dari pekerjaan yang dapat dilakukan setelah anak lulus dari Bidang/Program Keahlian atau Konsentrasi Keahlian pada SMK yang dipilih. Diskusikan dengan anak agar ia dapat memilih Bidang/Program Keahlian atau Konsentrasi Keahlian yang sesuai dengan tujuan finansialnya.

Pertimbangkan lokasi sekolah yang akan dipilih. Lebih baik lokasi sekolah tersebut mudah diakses dan tidak terlalu jauh dari rumah. Orang tua perlu mengetahui alternatif SMK  Bidang/Program Keahlian atau Konsentrasi Keahlian apa saja yang tersedia.

Pastikan sekolah (SMK) yang dipilih memiliki sarana dan prasarana yang memadai untuk mendukung pembelajarannya. Fasilitas praktik seperti bengkel atau laboratorium sangat diperlukan, sesuai dengan pilihan  Bidang/Program Keahlian atau Konsentrasi Keahlian pada SMK yang menjadi pilihan.

Orang tua dapat juga konsultasi dengan  Konselor atau Guru Bimbingan dan Konseling  (BK) dan Guru lainnya ataupun unit Bursa Kerja Khusus (BKK) yang ada di sekolah tentang pilihan  Bidang/Program Keahlian atau Konsentrasi Keahlian di SMK yang paling sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuan anaknya. 

Konselor atau Guru Bimbingan dan Konseling (BK) maupun guru lainnya dapat memberikan masukan dan saran yang berharga untuk orang tua dan anak dalam memilih Bidang/Program Keahlian atau Konsentrasi Keahlian yang tepat di SMK Bisa, SMK Hebat. SMK Kuat dan Menguatkan Indonesia.

Referensi :
Karya Tulis Sjahrir Tamsi yang terbit atau tayang 2021-2023 via media wartamerdeka.Info dengan judul antara lain sebagai berikut : 1) Sisrem Pendidikan Tiga Hari Belajar Pada SMK; 2) Belajar 3 Hari Secara Praktis Di Luar Kelas; 3) SMKN 1 Tapalang Barat Sambut Baik Program Merdeka Belajar; 4) Bekerja Sama dengan PT Suraco Jaya Abadi Motor (SJAM) Kantor Cabang Mamuju menggelar Pameran dan Service Gratis Motor Yamaha; 5) SMKN 1 Tapalang Barat Siap-Siap Menjadi SMK Program Unggulan; 6) Ayo Sekolah Ke SMK (Lets Go to Vocational High School); 7) Membangun Karakter Bangsa yang Utuh dan Paripurna; 8) Reformasi Pembelajaran pada SMK; 9) SMK Memiliki Keistimewaan Secara Eksklusif; 10) Urgensi Mengenal Keistimewaan Nomenklatur SMK Bagi Parenting; 11) Moving Class. It is The Choise Tobe SMK Modern; 12) PBM-OIL pada SMK Menyenangkan para Peserta Didik; 13) SMKN 1 Tapalang Barat, Sekolah Modern Siap Menerima dan Fasilitasi ATS dan Stunting; 14) Sertifikat UKK Merupakan Hasil Ujian Penghabisan Pada SMK; 15) Selayang Pandang Pembeda SMK Dengan SMA; 16) Urgensi Memahami Pembeda SMA Dengan SMK; 17) Mimpi Tentang "PAIKEM"; 18) Urgensi Pendidikan Karakter Terhadap Peserta Didik; 19) Urgensi Membangun Kerjasama antara Guru BK dengan Wali Kelas dan Guru Mata Pelajaran/Praktik di Sekolah/Madrasah; 20) Layanan Ahli Bimbingan Konseling Di Sekolah/Madrasah; 21) Urgensi Guru BK Di Sekolah/Madrasah; 22) Urgensi Kepala Sekolah Sebagai Manajer; 23) Portal ATS, SMKN 1 Tapalang Barat Fasilitasi 2 Orang Anak Kembali Bersekolah; 24) Program PORTAL-ATS Menuai Dukungan Warga Sulbar.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama