Urgensi Peran Parenting Terhadap Anak untuk Memilih Pendidikan Vokasi (bag.1)

        Oleh : Sjahrir Tamsi

Parenting adalah pengasuhan anak. Lebih tepatnya, Parenting adalah sikap dan perilaku orang tua yang melibatkan perasaan serta pola pikir untuk mengasuh anaknya. Peran utama dari parenting adalah untuk merawat, melindungi, serta memastikan keselamatan dan kesehatan anaknya.

Di samping itu, parenting juga ditujukan untuk mempersiapkan anak dalam menghadapi pilihan masa depannya kelak. Hal inilah yang menjadi alasan kenapa parenting dan pola asuh anak perlu diperhatikan oleh orang tua sebaik mungkin. 

Selanjutnya kata parenting berdasar makna atau arti merupakan ilmu tentang mengasuh, membimbing, serta mendidik anak dengan cara baik dan benar. Orang tua adalah sekolah/madrasah pertama bagi anak-anak, oleh karena itu sebelum membimbing dan mengasuh anak, orang tua sejatinya memiliki ilmu terlebih dahulu.

Mengasuh anak dengan tujuan supaya anak memiliki karakter yang baik, percaya diri, serta mandiri tentu membutuhkan ilmu. Orang tua perlu memiliki bekal dan ilmu yang cukup agar anaknya dapat berkembang dengan maksimal.

Mengasuh anak jaman now tentu berbeda dengan zaman dahulu kala. Pola pengasuhannya jelas berbeda. Orang tua (Ayah dan Ibu) tidak bisa serta merta berkiblat pada pola pengasuhan masa lalu, karena tentu saja zamannya berbeda. 

Ayah dan Ibu perlu mengikuti perkembangan zaman yang ada meskipun tetap dengan kontrol yang memadai. Parenting memang tidak dapat menentukan kesuksesan seorang anak di masa depan, namun jika parenting yang diterapkan tepat, niscaya anak akan tumbuh menjadi seseorang yang berkarakter, utuh dan paripurna,  percaya diri, serta patuh pada orang tuanya. Meskipun sudah menjadi orang tua, banyak diantara Ayah dan Ibu yang belum paham betul mengenai makna parenting. Padahal, sejatinya bekal parenting wajib dimiliki oleh orang tua dan juga bagi calon orang tua.

Anak bagaikan lembaran putih kosong yang dapat dihias dengan berbagai coretan atau tulisan. Coretan tersebut dapat menjadi indah atau justru tidak beraturan tergantung dari orang tua dan pola asuh yang diterapkannya.

Berikut ini beberapa prinsip parenting yang dapat diterapkan untuk menjadikan anak sebagai seseorang yang berkarakter positif.

1. Keteladanan.

Keteladanan orang tua sangat dibutuhkan oleh anak di era sekarang. Terlebih saat ini ancaman konten negatif dapat masuk kapan saja melalui media sosial. Orang tua perlu memberikan teladan yang baik dalam bertutur dan bersikap. Jika orang tua mampu menjadi teladan yang baik, maka dapat dipastikan karakter yang terbangun pada anak akan menjadi positif.

2. Sayang yang Wajar.

Sayang pada si kecil merupakan sesuatu yang wajar, namun jangan sampai rasa sayang yang berlebihan berbalik menjadi memanjakan. Anak yang terlalu dimanja oleh orang tua tidak akan tumbuh menjadi anak yang mandiri dan percaya diri.

3. Meluangkan Waktu yang Cukup.

Meskipun orang tua memiliki waktu 24 jam bersama anak, namun jika tidak berkualitas, tidak akan menghasilkan apa-apa. Berbeda jika orang tua meluangkan waktu khusus pada anak, maka anak akan merasa mendapatkan perhatian yang cukup. Ia akan tumbuh menjadi sosok yang berkepribadian baik karena mendapat kasih sayang dan perhatian yang cukup dari orang tuanya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama