>>>

Jalan Antara Cimalaka Sampai Cipadung Hancur Berat


-Perbaikan Jalan Atas Inisiatip Masyarakat
SUMEDANG-Jalan kabupaten (yang menghubungkan antara kecamatan) dikabupaten Sumedang kurang lebih 800 Km, yang sudah diperbaiki hanya setengahnya, Sementara jalan antara Cimalaka sampai Cipadung (Tanjungkerta) tergolong jalan paling hancur, Terutama di daerah Sudimampir dan Depok yang berlubang-lubang besar. Masyarakat di sektiar jalan ini sampai nekat menanami  jalan rusak ini dengan pohon pisang, sebagai bentuk protes, Sebab sudah merasa kesal belum diperbaiki sejak tahun 1991.

Antara perapatan Cimalaka sampai Kojengkang pun tergolong paling hancur, Hal ini disebabkan karena dilalui truk-truk pengangkut pasir terutama yang bertonase besar seperti toronton.

Keinginan masyarakat aga truk tronton jangan masuk ke jalan tersebut, sulit untuk direalisasikan, karena harus ada PERDA, Sementara itu menurut tokoh masyarakat setempat, perlu dibuatkan suatu PERDES yang intinya dikenakan biaya portal yang tinggi, Dimana dana yang bisa digunakan untuk dana pemeliharaan jalan tersebut.

Di sisi lain ada yang berpendapat, pemeliharaan jalan antara Kojengkang sampai perapatan Cimalaka ditekankan kepada pengusaha galian pasir ada juga penggilingan batu (KLESER) dan pabrik cor untuk beton.

Masyarakat menghawatirkan akan cepatnya nilai kerusakan jalan, karena dilalui oleh truk-truk yang bertonase besar.

Selama ini perbaikan jalan  dilaksanakan oleh inisiatip masyarakat, pengusaha, dan partisipasi dari pekerjaan umum (PU) Sumedang.

“Saya merasa bangga atas inisiatip dan partisipasi Masyarakat atas perbaikan jalan tersebut,” kata Tahyar, Kepala UPTD Workshop Sumedang, “Kamipun siap membantu peralatan baik itu kendaraan truk untuk mengangkut material, Maupun stumnya.”

Sementara itu jalan antara Sudimampir Depok sampai Cipadung, diperbaiki oleh masyarakat pinggiran, Di sepanjang jalan yang berlubang ditutupi tanah bebatuan bahkan material bekas tembok rumah (puing-puing).

Penutupan lubang-lubang pada jalan dengan material, tanah, pasir, bebatuan dan kerikil, mengakibatkan dampak yang negatif juga. Karena bisa timbulnya debu bila panas dan becek bila hujan, Tapi itu lebih baik daripada jalan yang berlubang, Yang banyak mengakibatkan kecelakaan kendaraan terutama motor, juga mobil pribadi, apalagi di daerah ini terdapat lokasi perkantoran dan areal pendidikan. (DUDUNG ENTIN)


Jalan Antara Cimalaka Sampai Cipadung Hancur Berat Jalan Antara Cimalaka Sampai Cipadung Hancur Berat Reviewed by wartamerdeka on October 21, 2010 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.