Prof Dr Nelson : Penggunaan Energi Terbarukan di Kab Gorontalo, Baru 15%

Bupati Gorontalo Prof Dr Nelson Pomalingo 

LIMBOTO (wartamerdeka) - Bupati Gorontalo Prof Dr Nelson Pomalingo menuturkan Indonesia adalah negara tropis yang banyak sumber daya terbarukan.


Apa saja energi alternatif yang dikembangkan di wilayah Gorontalo? Pertama, sumber daya energi.

"Ini kami lakukan karena memiliki danau, laut dan sungai. Kemudian yang kedua sementara kami dorong yakni energi matahari dan ketiga energi angin. Karena kebetulan di sekitar wilayah kami punya laut,danau sehingga angin bagus," tutur Bupati Nelson ditemui usai Paparan Perubahan Iklim di Bonn Jerman,  kemarin.

Bupati Nelson mengatakan, alternatif
terakhir, pihaknya juga mendorong dan memanfaatkan biosel dari pohon dan tumbuhan dan sebagainya di Kabupaten Gorontalo.



Disinggung sudah berapa persen persediaan energi terbarukan di wilayah Gorontalo, mantan rektor UNG ini menyebutkan : "Energi kami masih terbatas. Sekarang ini kami masih menggunakan energi terbarukan berupa  PLTU dan diesel."

"Kami menuju kearah  energi terbarukan, dan itu sudah kurang lebih 15 persen. Banyak investasi dan investor dalam rangka membangun itu," ungkapnya.

Pihak Pemkab Gorontalo, katanya, sudah melakukan uji coba di rumah-rumah dan kantor pemerintahan, memulai dengan energi terbarukan.

Targetnya, selama lima tahun jadi Bupati 40 persen. Ini baru satu tahun delapan bulan sudah 15 persen.

"Kita berharap 3-4 tahun ke depan mencapai 40 persen penggunaan energi terbarukan," harap Bupati Nelson.(Irfan/ar).

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama