Headline

Inilah Wawancara Khusus Dengan Maria G Levitar, Selingkuhan Bupati Merauke Frederikus Gebze

"Saya Minta Janji Bupati Freddy Kepada Saya Ditepati, " Ujar Maria Maria Gabriella Levitar   JAKARTA (wartamerdeka.info) -...

Kades di Gunung Sitoli Ikuti Bimtek


GUNUNG SITOLI (wartamerdeka.info) - Sejumlah Kepala Desa di Kota Gunung Sitoli Nias mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Manajemen Pemerintahan Desa, di Hotel Danau Toba Internasional, Jalan Imam Bonjol Medan, Kamis, (19/7/2018).

Selain Kades, kegiatan yang diselenggarakan Lembaga Pengembangan Manajemen Pembangunan (LEMPAMAP) itu diikuti juga oleh Sekretaris Desa (Sekdes), anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD), dan sejumlah perangkat desa. Seluruhnya ada sekitar 60 peserta.

Narasumber dalam Bimtek tersebut, Drs Darjo Sumarjono, M.Si menyampaikan  materi dengan tema yang berkaitan dengan kebijakan umum Pengaturan Desa oleh pemerintah sesuai UU No. 6 tahun 2014.

Terutana berkaitan dengan masalah penyelenggaraan  dana desa. Juga tentang kedudukan pemerintah desa dan BPD.

Dengan dilaksanakannya bimtek ini diharapkab para kepala desa lebih mengetahui dan memahami penyelenggaran dana desa, karena prinsip sudah berubah dari UU sebelumnya, sekarang yang kita gunakan adalah UU No 6 Tahun 2014, terutama menyangkut kewenangan dan masalah status Desa sendiri.

Karena desa yang sekarang itu dibentuk dalam sistim pemerintahan negara.

Sekarang di desa sudah ada lembaga pemerintah, lembaga kemasyarakatan dan lembaga adat.

"Sekarang kepala desa sudah melaksanakan tugas negara. Karena negara sudah mengakuinya dengan UU No.6  Tahun 2014 dan sebelumnya tidak dibenarkan karena penghasilan kepala desa tidak jelas. Sekarang jelas karena ada Siltap (Penghasilan Tetap), Dana Desa (DD) dan Anggaran Dana Desa (ADD)," katanya.

Ones

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kades di Gunung Sitoli Ikuti Bimtek"

Posting Komentar