Headline

Demo GPIB Anugerah Bekasi, Oknum Anggota KOWAL TNI Gunakan Mobil Dinas

JAKARTA (wartamerdeka.info) - Dengan menumpang mobil Bus SUAD TNI bernomor 3308-00, sekelompok anggota Jemaat dan Majelis Jemaat serta Pi...

Menkes: Saya Bangga dengan Bupati Gorontalo yang Semangatnya Luar Biasa Mewujudkan Program Kesehatan

Bupati Gorontalo Prof Dr Nelson Pomalingo menerima kunjungan Menkes Nila Djuwita F Moeloek

LIMBOTO (wartamerdeka.info) - Berbagai Program Pemerintah Kabupaten Gorontalo yang dicanangkan melalui Dinas Kesehatan menuai apresiasi dari Menteri Kesehatan (Menkes) Nila Djuwita F Moeloek.

Apresiasi dari Menkes RI itu disampaikan pada kegiatan Kunjungan Lapangan Tematik (Kunlaptik) Media Massa yang kali ini menyasar Propinsi Gorontalo, pada 16-18 Juli 2018, salah satunya menyambangi Kabupaten Gorontalo dan disambut Bupati Gorontalo di Rumah Dinas Bupati, Selasa (17/07/2018).

Menkes pada kesrmpatan itu, mendengar berbagai program kesehatan yang dipaparkan Bupati Gorontalo Prof Dr Nelson Pomalingo.

Program-program yang disampaikan Bupati merupakan enter poin misi pemerintahan kabupaten Gorontalo mewujudkan sumber daya manusia cerdas, sehat dan berkarakter, dalam rangka mewujudkan pembangunan berbasis kependudukan dan lingkungan.

Adapun program kesehatan yang dipaparkan Bupati Nelson diantaranya, Jamksemas yang sudah mencapai 93,99 persen, pemberian beasiswa bagi pimpinan Puskesmas dan sarjana kesehatan, program setiap desa satu perawat, satu bidan, Pemanfaatan pekarangan apotek hidup,dapur hidup (optimalisasi pertanian terpadu), bank sampah (lengembangan ekonomi kreatif), pembangunan rumah sakit, peningkatan kualitas Puskesmas, akreditasi Puskesmas yang sudah mencapai  47,6 persen, Air Bersih yang mencapai 82 persen, dan sanitasi dasar yang mencapai 71 persen.


Selain itu, Bupati memaparkan pula pembentukan tim gugus tugas pendamping ibu hamil (Bumil), sertifikasi imunisasi dasar lengkap, saung germas, syiar germas  dan si dora. Lalu ada juga gebyar PSIA/PEKAN SEHAT, dan layanan kesehatan gratis PAKDOK.

Berbagai program ini selalu ada peningkatan dari tahun ke tahun. Namun menurut Bupati Nelson, dalam menjalankan program ini tentunya ada berbagai tantangan, diantaranya ketersedian SDM aparatur kesehatan, keberlanjutan pembangunan RS Type C Boliyohuto dan relokasi pembangunan RSUD MM DUNDA Limboto.

Untuk itu, Bupati menyampaikan agar kiranya berbagai program kesehatan untuk kemaslahatan umat tersebut agar mendapat dukungan dan support dari pemerintah pusat dalam hal ini Menteri Kesehatan RI.

"Kami tidak bisa mewujudkan semua ini tanpa bantuan pemerintah pusat," ungkap Bupati Nelson.

Sementara itu, Menteri Kesehatan mengaku bangga dengan geliat pemerintah Kabupaten Gorontalo dalam mewujudkan program kesehatan yang sejalan dengan program pusat.

Menkes bersama Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo

"Saya bangga dengan Bupati Gorontalo. Semangatnya luar biasa mewujudkan program kesehatan dan ini patut diadopsi daerah lain," ujar Menkes.

Di akhir pernyataannya, Menkes yang didampingi sejumlah pejabat di Kementerian Kesehatan serta awak media nasional itu mengatakan, bakal membantu kabupaten Gorontalo dalam hal penyediaan tenaga dokter karena memang masih butuh banyak tenaga dokter dan itu akan saya realisasikan," pungkasnya.( Ifn)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menkes: Saya Bangga dengan Bupati Gorontalo yang Semangatnya Luar Biasa Mewujudkan Program Kesehatan"

Posting Komentar