Headline

Timbangan Merapi Difungsikan Kembali

LAHAT  (wartamerdeka.info) -  Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat wilayah VII Provinsi Sumatera Selatan dan Pro...

TNI-Polri Komponen Utama Keamanan dan Stabilitas Nasional


JAKARTA (wartamerdeka.info) - Keberhasilan seluruh program nasional dan internasional itu menjadi tanggung jawab seluruh masyarakat dan bangsa Indonesia. TNI-Polri sebagai bagian dari elemen bangsa memiliki tanggung jawab besar, karena merupakan komponen utama untuk memastikan keamanan dan stabilitas nasional.  TNI-Polri yang solid dan bersinergi disertai kekompakan dan kerja sama yang baik dengan instansi-instansi lain adalah modal yang sangat mendasar dalam menjamin kelancaran pembangunan.
Hal tersebut disampaikan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., saat memberikan pembekalan dihadapan 724 Calon Perwira Remaja (Capaja) TNI-Polri tahun 2018, bertempat di GOR Ahmad Yani Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (18/7/2018).
 
Menurut Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, tugas mulia tersebut tidak dapat dilaksanakan sendiri dan dibutuhkan kerja sama dan sinergi dengan seluruh elemen dalam masyarakat. Para Capaja sebagai Perwira TNI-Polri harus mampu menjadi motor kerja sama dan sinergi yang sangat dibutuhkan. “Tunjukkan bahwa TNI-Polri solid dan bersatu. Jadilah contoh dan teladan profesionalisme dalam pelaksanaan tugas yang disertai sinergi bersama instansi-instansi lainnya,” ucapnya.
 
Lebih lanjut Panglima TNI mengatakan bahwa seluruh tugas yang diemban oleh TNI-Polri tidak akan dapat terselesaikan tanpa adanya kerja sama, koordinasi dan sinergi dengan berbagai pihak. Menurutnya, kesamaan persepsi dan ikatan emosional yang dibangun sejak dini antara calon Perwira TNI dan Polri, harus dijadikan dasar dalam menyatukan soliditas gerak langkah.  “TNI dan Polri, di tengah perbedaan peran dan tugas, memiliki muara yang sama dalam konteks berbangsa dan bernegara, yaitu membantu percepatan pembangunan nasional, menuju masyarakat Indonesia yang aman dan sejahtera,” ujarnya.
 
“Para Perwira TNI-Polri harus mampu mengaplikasikan kemampuan akademis yang diperoleh selama pendidikan untuk menghadapi tugas ke depan serta harus mengabdi sepenuh hati dan jiwa sebagai prajurit yang profesional, berintegritas dan berkarakter, berdasarkan Sapta Marga dan Sumpah Prajurit serta Tribrata dan Catur Prasetya,” tegasnya.
 
Di sisi lain, Panglima TNI mengingatkan bahwa pendidikan dan pelatihan yang telah dilaksanakan secara terintegrasi tersebut memiliki tujuan untuk membentuk Jiwa Korsa, keakraban, persatuan dan kesatuan yang akan sangat dibutuhkan saat melaksanakan tugas dimanapun nantinya.  “Untuk itu, pelihara jalinan silaturahmi yang telah ada dengan baik, kembangkan lebih jauh lagi dengan seluruh komponen bangsa lainnya,” katanya.
 
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menegaskan bahwa profesi sebagai prajurit TNI dan anggota Polri adalah profesi mulia. Oleh karenanya, seluruh Prajurit TNI dan Bhayangkara Polri harus bisa menjaga harga diri, kehormatan satuan dan nama baik, dengan tidak melakukan perbuatan yang merusak citra TNI dan Polri di masyarakat.
 
“Jadilah contoh tauladan atas pelaksanaan aturan, sehingga menginspirasi anak buah dan masyarakat untuk berbuat hal yang baik dan benar. Jangan mudah diadu domba, lakukan koordinasi yang baik setiap ada permasalahan. TNI-Polri terlahir dari rakyat, oleh karena itu, tetap jaga kepercayaan masyarakat kepada TNI-Polri secara bertanggung jawab,” kata Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.
 
Sebelum pembekalan oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., para Capaja TNI-Polri tahun 2018 juga diberikan pembekalan oleh Kapolri Jenderal Pol Prof. H. Tito Karnavian, Ph.D., yang menyampaikan antara lain bahwa soliditas TNI-Polri merupakan salah satu cerminan kekuatan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). “Soliditas TNI-Polri merupakan hal yang mutlak, karena kesatuan dua lembaga tersebut menjadi salah satu cerminan kekuatan dan kedaulatan NKRI,” katanya.
 
Turut hadir pada acara tersebut, diantaranya Kasad Jenderal TNI Mulyono, Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M.,  Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna S.E., S.Sos., M.M., Kasum TNI Laksdya TNI Dr. Didit Herdiawan, M.P.A., M.B.A., Irjen TNI Letjen TNI M. Herindra, M.A., M.Sc., Danjen Mako Akademi TNI Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos., Irwasum Polri Komjen Pol. Putut Eko Bayu Seno dan Kalemdikpol Komjen Pol. Drs. Unggung Cahyono.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TNI-Polri Komponen Utama Keamanan dan Stabilitas Nasional"

Posting Komentar