Headline

Beri Kuliah Umum di UNPERBA Purbalingga, Bamsoet Ingatkan Soal Kesadaran Bela Negara

PURBALINGGA (wartamerdeka.info) - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menilai kesadaran bela negara dan cinta tanah air harus dimulai dengan me...

Pokdarkamtibmas Subsektor Wanasari Gelar Sarasehan

Anggota POKDAR KAMTIBMAS Subsektor, Wanasari berfoto bersama

BEKASI (wartamerdeka.info) -
Kelompok Sadar Keamanan Ketertiban Masyarakat Masyarakat (Pokdarkamtibmas) Subsektor Wanasari menggelar acara sarasehan sekaligus pelantikan anggota baru, pada Sabtu malam (8/12?2018).

Kegiatan yang dilaksanakan du kediaman Seno Eko .warga ET 003, RW 017, Kel Wanasari, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Bekasi ini dihadiri oleh sesepuh Wilayah Cibitung, H Yoto, Ketua Forum Pembauran Kebangsaan (FPK)  Kec Cibitung Subur W, Ketua RW 017 / Rt 003 Nana Jupena dan Sucipto, Lurah Wanasari  H Sarkum   serta Bimaspol Aiptu Dwi Santosa.

Ketua Pokdarkamtibmas Sektor H Muhammad Suwanda pada kesempatan itu mengatakan, Pokdarkamtibmase bertugas mmbantu pengamanan wilayah  di bawah kendali Polri.

Slain itu dia juga berpesan agar dalam menjalankan tugas sosial ini anggota tidak boleh ofside, jika terjadi sesuai yang ganjil hanya boleh melaksanakan seperti yang tertuang dalam AD/ART yaitu dengan Melihat, Mencatat dan Melaporkan (3M) langsung ke pihak Kepolisian.

"Anggota tidak boleh gegabah menangkap, seolah bergaya Polisi. Kita hanya boleh mengamankan pelaku dan barang bukti selanjutnya Polisi yang berwenang yang wajib menangani," jelasnya.
   
Sementara Ketua FPK, Yoto yang puluhan tahun menjadi anggota Pokdarkamtibmas  mengingatkan,  anggota Pokdar tidak digaji pemerintah, hanya pekerja sosial,  hendaknya harus berhati hati dalam beraktivitas di jajaran Pokdar.

Karena menurut Yoto yang banyak ikut organisasi, jika kita berlebihan dalam bertugas dan mendapat kesalah pahaman akan meyeret kita ke ranah hukum dan menyulitkan kita sendiri.

Pokdar bertugas  tidak jauh berbeda dengam FPK yang dipayungi Permendagri Nmr 34 tahun 2006 tentang tugas dan tanggung jawabnya. "Intinya.mendekteai secara duni tentang kejadian  ganjil, mempersatukan Golongan,  suku, Ras dan agama itu adalah FPK. Jika Pokdar juga hampir sama yaitu deteksi dini kejadian ganjil dan laksanakan  3M , " ujarnya singkat. (yot)

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Pokdarkamtibmas Subsektor Wanasari Gelar Sarasehan"

  1. Jaga slalu peraatuan dan kesatuan untuk mewujudkan suatu daerah / lingkungan yang aman Serta kondusif sehingga warga masyarakat dapat merasa nyaman didalam kehidupannya baik individu atau secara luas.

    BalasHapus