Presiden Jokowi Resmikan Alun-alun Cianjur


CIANJUR (wartamerdeka.info) - Presiden Joko Widodo  (Jokowi), Jumat (08/02/2019), melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Cianjur, Jawa Barat,   di temani Ibu Negara Iriana.

Presiden Jokowi beserta rombongan bertolak ke Cianjur dari Istana Kepresidenan Bogor berkendaraan darat.

Mengawali kunjungan, Presiden  Jokowi bertemu ribuan petani untuk memberikan surat keputusan pemanfaatan hutan sosial kepada warga Cianjur di Taman Hutan Wana Lestari Wisata Pokland, Kecamatan Haurwangi.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Plt Bupati Cianjur Herman Suherman menyambut kedatangan Presiden Jokowi beserta rombongan

Dalam kesempatan tersebut Jokowi berdialog langsung dengan para petani Cianjur terkait berbagai persoalan pertanian dan pengelolaan lahan serta hutan untuk kesejahteraan warga, melalui berbagai program partisifatif seperti Perhutanan Sosial.

Jokowi menuturkan, hari ini dibagikan 13.900 hektar untuk 8.900 KK, artinya satu KK mendapatkan 1,5 hektar.

"Dulu-dulu lahan-lahan ini banyak dibagikan kepada yang gede-gede sekarang kita berikan kepada rakyat dalam bentuk SK seperti ini untuk 35 tahun tapi status hukumnya jelas,” sebut Jokowi.

"Program tersebut sampai saat ini sudah diberikan kepada rakyat di seluruh Indonesia seluas 2,35 juta hektar selama 2 tahun dari target seluruhnya 12,7 juta hektar dan Ini terus akan kita berikan agar tanah menjadi jelas statusnya, jelas produktif, tidak diberikan ke yang besar-besar,” tambahnya.

Setelah dari Pokland Jokowi dan rombongan melaksanakan salat Jumat di Masjid Al Ijtihad Cianjur. Di tempat itu, Jokowi  membagikan sertifikat tanah wakaf bagi sejumlah pengurus pondok pesantren di Provinsi Jawa Barat.

Dalam sambutannya, Ridwan Kamil di sela-sela acara penerimaan sertifikat mengatakan, Bapak Presiden  akan meresmikan Alun-alun Cianjur.

Masyarakat Cianjur menyambut meriah kunjungan Jokowi, dengan  ratusan pelajar   berdiri di pinggir jalan saat Jokowi dan rombongan melintas.

Konsentrasi massa berkumpul di depan Alun-alun di jalan Suroso. Sekitar 10.000 masyarakat Cianjur dengan sabar menunggu kedatangan Jokowi,

Dalam kunjungan kerja tersebut, Jokowi didampingi  Darmin Nasution (Menteri Koordinator Bidang Perekonomian), Siti Nurbaya (Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan), Rini Soemarni (Menteri BUMN ), Pratikno (Menteri Sekretaris Negara), dan Teten Masduki ( Koordinator Staf Khusus Presiden).

Saat meresmikan Alun-alun Kabupaten Cianjur, Jokowi mengenakan pakaian adat Sunda berupa pangsi berwarna hitam dengan ikat kepala bermotif batik saat berkeliling alun-alun.

Jokowi mengaku sudah lama diminta untuk meresmikan alun-alun yang telah selesai dibangun.

Menurut Jokowi, meskipun belum melihat secara keseluruhan pembangunan, dia mengapresiasi alun-alun yang dekat dengan Masjid Agung Cianjur.

"Saya ke sini ingin membuktikan, melihat sendiri alun-alun Kabupaten Cianjur seperti apa, meskipun belum lihat semuanya tapi saya tadi lirak-lirik memang bagus," ujarnya.

Jokowi berharap pembangunan Alun-alun Kabupaten Cianjur ini bisa menjadi inspirasi bagi seluruh kabupaten/kota seluruh Indonesia. Mantan Wali Kota Solo itu berharap alun-alun bisa menjadi ruang publik, sosial, serta budaya bagi masyarakat di wilayah tersebut.

"Ini adalah ruang publik, alun-alun adalah ruang publik, ini adalah ruang sosial, ini adalah ruang budaya, ini adalah ruang demokrasi juga. Dari dulu alun-alun memang fungsinya seperti itu," kata dia. (Khoer)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama