Pemkab Muara Enim Gelar Rakor Bidang Sosial


MUARA ENIM (wartamerdeka.info) - Ada beberapa program Pemkab Muara Enim yang baru maupun yang sudah berjalan melalui Dinas Sosial dalam rangka mendukung visi misi bupati Muara Enim,

Beberapa program ini disampaikan oleh Bupati Muara Enim H Ahmad Yani melalui Kepala Dinas Sosial M Ali Rachman di hadapan 230 peserta rakor bidang sosial tingkat Kabupaten Muara Enim tahun 2019 yang berlangsung di Griya Sintesa Muara Enim, Kamis (04/04/2019).

Dikatakan Ali Rahman bahwa program tersebut di antaranya adalah Program Pembinaan dan Pemberian Bantuan Terhadap Kelompok Usaha Bersama (KUBE), Pemberian Bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH),
Pelayanan Sosial Keliling (UPSK)
dan pemberian alat bantu bagi penyandang disabilitas serta  Pemberian bantuan sarana dan prasarana bagi panti asuhan.

"Selanjutnya Pemberian Jaminan Kesejahteraan Sosial (PKH), Bantuan transport perjalanan bagi orang terlantar dan eks narapidana kembali ke daerah asal, Pembinaan dan pemberian bantuan bagi Komunitas Adat Terpencil (KAT) dan Pemberian santunan kematian bagi Masyarakat Muara Enim,  juga Pembinaan dan pemberian BLT bagi anak yatim, anak piatu, anak yatim piatu, dhuafa dan lanjut usia terlantar," rincinya.

Hal ini sebagaimana telah diatur dalam undang-undang 11/ 2009 tentang penyelenggaraan kesejahteraan sosial yang mengamanatkan kepada pemerintah bahwa seluruh rakyat berhak mendapatkan pelayanan dari pemerintah  demi peningkatan kesejahteraan rakyat.

Pemkab Muara Enim juga telah merancang berbagai Iangkah untuk meningkatkan kualitas pelayanan sosiaI, baik dari segi penguatan SDM, perlengkapan fasilitas dan sarana, penyempurnaan database, serta sinkronisasi program antara pusat dan daerah.

Untuk menjalankan program dan kegiatan di bidang sosial, lanjut Ali lagi, dibutuhkan perencanaan yang matang, efektif dan transparan agar program tersebut memberi daya yang kuat bagi perubahan di masyarakat, dan agar dapat tepat sasaran pada penyelenggaraan kesejahteraan sosial.

"Juga perlu adanya peningkatan akses masyarakat kepada sektor pendidikan dan kesehatan, yang erat kaitannya dengan penurunan kemiskinann. Untuk itulah kita perlu lakukan secara sinergi dan koordinasi dengan pihak-pihak terkait," tegasnya.

Rakor diisi oleh narasumber dari biro perencanaan Kementerian Sosial RI Liliana Butar-butar dan dari Dinas Sosial Provinsi Sumatera Selatan Syafrudin, serta Ketua Komite KSN Muara Enim H Taufik Rahman SH. (Agus V)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama