Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting


Forum Perangkat Daerah Hasilkan Program Prioritas Pembangunan Kabupaten Bekasi Tahun 2021


BEKASI (wartamerdeka.info) -  Kegiatan Forum Perangkat Daerah Kabupaten Bekasi Tahun 2020 yang dilaksanakan sejak Rabu (26/2) secara resmi ditutup langsung oleh Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja Senin (9/3/2020).

Forum Perangkat Daerah yang difokuskan di Hotel Antero Jababeka, Cikarang Utara, bertujuan untuk menyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2021.

Bupati Bekasi dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini penting dilaksanakan karena dalam forum inilah dilakukan sinkronisasi atas usulan masyarakat yang masuk melalui Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan dan pokok-pokok pikiran DPRD dengan rancangan RKPD.

"Saya berterimakasih atas kerja keras seluruh tim baik dari Bappeda maupun Perangkat Daerah yang telah mengikuti rangkaian acara
selama satu minggu kemarin dan telah berhasil merumuskan program dan kegiatan yang mendukung secara langsung berbagai prioritas pembangunan sesuai dengan tema pembangunan tahun 2021," ujar Bupati.

Ia pun menambahkan agar rancangan RKPD yang telah disusun dalam forum ini harus sejalan dan mendukung prioritas pembangunan Kabupaten, Provinsi dan Nasional dan berdasarkan Renstra dan RPJMD Tahun 2017-2022.

“Saya harap rancangan RKPD yang telah disusun dalam forum ini telah disusun dengan baik dan matang, berdasarkan RPJMD dan Renstra tahun 2017-2022, mendukung prioritas pembangunan Kabupaten, Provinsi dan Nasional. Sesuai kebutuhan masyarakat, tepat sasaran dan berorientasi kinerja outcome serta efisien secara anggaran,” ucap Eka.

Eka mengatakan bahwa penyusunan RKPD juga harus memperhatikan kelengkapan daya dukung, baik administrasi maupun teknis lainnya. Oleh karena itu, dirinya mengingatkan kepada semua perangkat daerah agar kegiatan yang telah ditetapkan nantinya harus benar-benar bisa dilaksanakan sehingga tidak lagi terjadi Silpa  yang besar.


“Mengingat forum perangkat daerah bukan merupakan tahap akhir dalam proses perencanaan, saya menghimbau kepada seluruh perangkat daerah untuk terus memantau perkembangan rencana kerja perangkat daerahnya masing-masing sampai dengan selesainya tahap perencanaan dan penganggaran,” ucapnya.

Di akhir sambutan tidak lupa Eka mengingatkan bahwa hasil dari program yang dilaksanakan harus dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat, seluruh Perangkat Daerah harus mempunyai kontribusi yang sesuai dengan program prioritas dan pemerataan pembangunan di desa dengan tetap memperhatikan kebutuhan masyarakat.

Dalam acara penutupan Forum Perangkat Daerah dilakukan penandatanganan Berita Acara Kesepakatan bersama rumusan hasil sinkronisasi antara usulan Musrenbang kecamatan dan pokok-pokok pikiran DPRD dengan rancangan RKPD oleh seluruh Kepala Perangkat Daerah, Kepala Bagian dan Para Camat se Kabupaten Bekasi.

Adapun program program yang telah berhasil dirumuskan menjadi prioritas pembangunan dari Forum Perangkat Daerah Tahun 2021 diantaranya Program Pendidikan, Kesehatan, Infrastruktur, Ketenagakerjaan, Lingkungan Hidup, Tata kelola dan Pelayanan Publik, Ekonomi Kreatif dan Seni Budaya serta Pertanian. (Yot)

Posting Komentar untuk "Forum Perangkat Daerah Hasilkan Program Prioritas Pembangunan Kabupaten Bekasi Tahun 2021"