Prof Dr Zainuddin Maliki: Mendikbud Harus Benahi PJJ


JAKARTA (wartamerdeka.info) -Kemendikbud telah  memastikan tahun ajaran baru dimulai Senin, 13 Juli 2020. Padahal, kurva Covid-19 secara nasional belum kunjung melandai.  Sementara, daerah yang dinyatakan oleh gugus tugas penanganan Covid-19 sebagai zona hijau hanya berkisar 6 persen.

Dengan demikian Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) tetap menjadi arus utama pelaksanaan belajar mengajar.

"Kami sepakat bagi daerah yang masuk zona kuning dan apalagi merah diharapkan untuk tidak keburu membuka kelas tatap muka. Semua pihak diharapkan mempertimbangkan faktor kesehatan siswa didik, guru, tenaga kependidikan dan semua yang terkait dengan pembelajaran," ungkap Prof. Zainuddin Maliki, anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi PAN, Kamis (9/7/2020).

Namun demikian, anggota legislatif asal Dapil Jatim X Gresik dan Lamongan itu mengingatkan agar Kemendikbud benar-benar membenahi pelaksanaan model PJJ tersebut.

Secara kuantitatif memang cukup tinggi partisipasi siswa didik kita dalam pembelajaran daring.

Namun yang kita perlukan, lanjut mantan Rektor Universitas Muhamadiyah Surabaya itu, bukan hanya pemerataan dan tingkat partisipasi siswa, melainkan juga kualitas dan efektivitas pembelajaran daring itu sendiri.

Mulai dari aspek kurikulum, kesiapan guru mendesain PJJ, penyediaan sarana prasarana, ketersediaan jaringan internet hingga persoalan layanan bagi siswa yang berada di daerah 3T, Terdepan, Tertular dan Tertinggal.

Dari sisi kurikulum, misalnya, tidak mungkin guru dibebani tugas menuntaskan muatan isi K-13.

"Perlu segera dirumuskan kurikulum adaptif sesuai dengan situasi darurat covid-19, sehingga guru memperoleh kejelasan capaian pembelajaran yang harus diraih," jelas mantan Ketua Dewan Pendidikan Jawa Timur itu.

Menteri Nadiem juga masih harus kerja serius mengembangkan kreativitas guru agar mereka dapat mendesain pembelajaran jarak jauh yang efektif.

Pasalnya, banyak yang merasa bahwa PJJ itu merupakan hal baru tetapi tiba-tiba harus dihadapi sebagai kenyataan.
Harus diakui banyak guru yang mampu mendesain pembelajaran PAKEM sehingga suasana pembelajaran siswa aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan.

Prof. Zainuddin juga menyebut bagi guru yang masih mengajar secara konvensional, mengemas PAKEM, apalagi di tengah berbagai keterbatasan karena darurat Covid-19 tentu merupakan masalah tersendiri.

Dibutuhkan ketrampilan ekstra seorang guru untuk mendesain metode belajar yang tidak bikin jenuh siswa belajar di rumah dan hasilnya pun efektif.

Apalagi, seperti sekarang ini guru membutuhkan pelatihan mengemas PJJ berbasis PAKEM sehingga siswa aktif, kreatif dan efektif belajar dari rumah. Oleh karena itu, masih kata Zainuddin Maliki
guru memerlukan pengayaan imajinasi dan kreatifitas mengantarkan siswa didik sehingga tidak jenuh, melainkan bisa belajar di rumah dalam suasana yang menyenangkan. (Sudono/Mas)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama