Pak Yes Berharap Perangkat Daerah Di Lamongan Dukung Upaya Pencegahan Korupsi

LAMONGAN (wartamerdeka.info) -  Tercapai indikator keberhasilan pencegahan korupsi secara maksimal khususnya delapan area intervensi dalam pencegahan korupsi terintegrasi, sudah menjadi komitmen pemkab Lamongan.

Hal tersebut disampaikan Bupati Lamongan Yuhronur Efendi, pada acara Rapat Koordinasi Program Pencegahan Korupsi Terintegrasi bersama  Kepala Satuan Tugas Koordinasi dan Supervisi Direktorat III, Edy Suryanto beserta Tim dan Arief Nurcahyo sebagai Kepala Satuan Tugas Pencegahan Korwil I KPK di Guest House Pemkab Lamongan, Rabu (10/3).

“Saya ucapkan terima kasih kepada tim dari KPK yang telah berkenan hadir di Kabupaten Lamongan. Alhamdulillah MCP Kabupaten Lamongan tahun 2020 masuk tiga besar nasional dengan capaian 93.20%, serta nomor satu se Jawa Timur dalam tiga tahun berturut-turut,” ujar Pak Yes, panggilan akrab bupati Lamongan.

MCP (Monitoring Center For Prevention) memiliki delapan indikator keberhasilan yang meliputi, perencanaan dan penganggaran APBD, pengadaan barang dan jasa, pelayanan terpadu satu pintu, aparat pengawas intern pemerintah, manajemen ASN, optimalisasi penerimaan daerah, management aset daerah dan  tata kelola dana desa.

“Berdasarkan evaluasi capaian MCP tahun 2020, beberapa penekanan terkait indikator yang perlu ditingkatkan adalah penyerahan APBD tepat waktu, sertifikasi aset daerah, penyerahan PSU, peningkatan pajak daerah, database dan penertiban asset,” tandas bupati.

Sebagai wujud nyata komitmen Pemerintah Kabupaten Lamongan dalam pemenuhan indikator tersebut, hari ini, Rabu (10/3) dilakukan penyerahan PSU (prasarana dan sarana umum) dan penandatanganan komitmen dengan sebelas developer.

“Ke depan Pemerintah Kabupaten Lamongan bersama dengan Badan Pertanahan Nasional dan Bank Jatim  berkomitmen dalam pencegahan korupsi,” tegas Pak Yes.

Pak Yes, berharap seluruh jajaran Kepala Perangkat Daerah terus berupaya memenuhi semua indikator meskipun terdapat perubahan-perubahan yang mendasar serta mendukung program-program yang terkait dengan pencegahan korupsi.

Pada  kesempatan tersebut, Edy Suyanto, memberikan pengarahan kepada bupati Yuhronur Efendi dan Wakil Bupati Abdul Rouf berikut jajaran Kepala Perangkat Daerah terkait bentuk supervisi. (Mas)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama