Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 


 


Pemkab Tana Toraja Objek Wisata Kandora Tengan

MAKALE (wartamerdeka.info) -  Pemerintah kabupaten (pemkab) Tana Toraja melalui dinas pariwisata setempat mengembangkan objek wisata Kandora Tengan yang berlokasi di kecamatan Mengkendek. 

Kegiatan pengembangan objek wisata Kandora Tengan yang dilaksanakan di tahun 2020  itu berupa penambahan fasilitas umum sebagai daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke objek wisata yang menghadirkan keindahan panorama alam.

"Pengembangan objek wisata Kandora Tengan menghabiskan anggaran sekitar Rp1,4 miliar yang bersumber dari dana APBD tahun anggaran 2020," ujar Panitia Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Pengembangan Objek Wisata Kandora Tengan, Jimmy di Makale, Sabtu(27/3/2021).

Dia mengatakan penambahan fasilitas objek wisata Kandora Tengan berupa pembangunan empat unit gazebo, dua unit toilet umum, tempat parkir dan peningkatan jalan setepak menuju puncak tebing Kandora serta pos retribusi objek wisata Kandora Tengan. Penambahan fasilitas tersebut tersebar di beberapa titik berbeda di dua desa yakni, desa Tengan dan desa Palipu kecamatan Mengkendek.

"Seluruh kegiatan pengembangan objek wisata Kandora Tengan sudah selesai. Anggaran kegiatan pengembangan objek wisata Kandora Tengan juga sudah cair 100 persen," jelas Jimmy.

Dari pantauan di lapangan, beberapa kegiatan penambahan fasilitas objek wisata Kandora Tengan yang dikerjakan belum tuntas 100 persen. Seperti pembangunan toilet yang belum bisa digunakan oleh pengunjung karena belum selesai.  Sementara gazebo untuk tempat beristirahat pengunjung tidak dilengkapi dengan tempat duduk dan tidak jelas peruntukannya serta diduga tidak sesuai spesifikasi.

Begitu juga pos retribusi belum difungsikan untuk pembayaran rertibusi pengunjung yang akan mengunjungi objek wisata Kandora Tengan.

"Semua kegiatan pengembangan objek wisata Kandora Tengan masih dalam tahap pemeliharaan. Kalaupun masih ada pekerjaan yang belum tuntas di lapangan masih tanggungjawab kontraktor pelaksana," jelas Jimmy.

Kepala Desa Palipu kecamatan Mengkendek, Semuel mengatakan objek wisata Kandorasangat potensial menarik wisatawan berkunjung ke Tana Toraja.

"Dari puncak tebing Kandora, pengunjung disuguhkan pemandangan awan di pagi hari. Selain itu, pengunjung juga dapat panorama alam yang sangat indah," ujar Semuel. (Stef)

Posting Komentar untuk "Pemkab Tana Toraja Objek Wisata Kandora Tengan"