Fory Naway: Pelatihan SIM PKK Wajib Dilaksanakan

KAB GORONTALO (wartamerdeka.info) - Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK), Kabupaten Gorontalo pada awal tahun ini sudah melaksnakan pelatihan Sistem Informasi Manajemen (SIM) bagi operator di tingkat desa. Bagi ketua PKK Kabupaten Gorontalo, Dr. Fory Naway, M.Pd, pelatihan SIM PKK ini wajib dilaksanakan dan diikuti oleh semua pengurus atau operator di detiap desa. 

“Kami akan datang kembali berkunjung ke desa-desa untuk melaksanakan monitoring dan evaluasi (Monev) terkait progam SIM  PKK bagi yang belum melaksnakannya,” ujar Fory Naway, di setiap berkunjung melantik Ketua PKK desa. 

Kata Fory Naway, saat ini pihaknya sudah melantik dan menyerahkan SK kepada ketua-ketua PKK desa di 10 kecamatan dan kurang  9 kecamatan lagi. 

Ia mengatakan, masih ada sejumlah desa yang enggan melaksanakan program SIM PKK. 

Fory menegaskan, PKK kabupaten Gorontalo akan melakukan monev atas pelaksanaan SIM PKK di setiap desa. “Mohon dukungan semua pengurus PKK desa, bahwa PKK kabupaten Gorontalo akan membuat pelatihan lagi khusus yang belum melaksanakan di sejumlah desa,” tegas Fory Naway.

Ia mengingatkan, pelatihan SIM PKK wajib dilaksanakan untuk para operator. Ini merupakan suatu proses pengumpulan data secara sistematis sehingga menghasilkan suatu informasi sebagai dasar dalam proses pengambilan keputusan. 

Karena itu dirinya berharap pelatihan SIM PKK mampu memberi data keberadaan dan kondisi masyarakat. “Sekertariat PKK wajib menyediakan data orang miskin,berapa orang hamil, berapa orang sudah meninggal, jumlah bayi, jumlah posyandu dan sebagainya," ujarnya.

Diharapkan dengan dibuatnya SIM PKK ini, para pengurus PKK, kader Dasawisma, sebagai ujung tombak pendataan akan lebih mudah, lebih cepat, lebih menghemat waktu dan lebih akurat dalam menyusun dan menyajikan buku wajib administrasi Dasa Wisma. Demikian pula operator / admin di tingkat  Dusun, Desa, Kecamatan dan Kabupaten dapat memantau langsung perkembangan dan rekapitulasinya. (Ar) 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama