Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

 


 


Wakili Bupati Barru, Kadispora Buka Pelatihan Bela Negara

PAREPARE (wartamerdeka.info) - Bupati Barru yang diwakili Kepala Dinas Kepemudaan dan Olah Raga, Drs.Muhammad Anwar. M. Si, membuka Pelatihan Kader Muda Bela Negara Tahun  2021 di Makodim 1405 Parepare, Jum'at (26/11/2021).

Dalam sambutannya Bupati Barru mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan pelatihan Kader Muda Bela Negara dalam upaya meningkatkan kesadaran yang harus menjadi bagian dari upaya kita bersama dalam mewujudkan Kabupaten Barru yang aman, tentram dan sejahtera guna menjaga dan membangun karakter anak Bangsa, Pemuda  Kabupaten Barru Khususnya dan Negara Kesatuan Republik Indonesi (NKRI) pada umumnya. 

Dikatakan,  dalam Undang Undang Dasar Tahun 1945 pada pasal 27 ayat 3 mengamanatkan bahwa setiap warga Negara berhak dan Wajib ikut serta dalam upaya pembelaan Negara. 

"Kegiatan pelatihan kader muda bela negara tersebut bertemakan 'AKU CINTA INDONESIA', dengan sub tema  'MERAJUT KEBERSAMAAN DEMI KOKOHNYA NKRI' yang menggambarkan semangat kita sebagai Bangsa Indonesia yang satu, demi kokohnya Negara Kesatuan Republik Indonesia," terang dia. 

Bupati Barru juga mengatakan dalam kegiatan pelatihan Bela Negara ini diharapkan para pemuda dapat memahami 4 pilar kebangsaan yaitu :( 1). Pancasila (2) UUD 1945 (3) NKRI  (4) Bhinneka Tunggal Ika, sebagai panduan untuk mewujudkan bangsa dan negara yang adil dan makmur, sejahtera dan bermartabat.

Pegamalan nilai-nilai 4 pilar kebangsaan katanya, diharapkan dapat memperkokoh jiwa kebangsaan, nasionalisme, dan fatriotisme sebagai generasi penerus bangsa, dan bisa menjadi motivator bagi pemuda-pemuda lainnya untuk mencintai tanah airnya.

"Bela Negara adalah Sikap dan Perilaku Warga Negara yang mencintai Negara Kesatuan Republik Indonesia ( NKRI ) yang berdasarkan Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945," jelasnya

Lebih lanjut dikatakan  kegiatan ini  merupakan bentuk perhatian dan pengawasan kepada generasi muda yang perlu dibina dan diawasi perkembangannya baik mental maupun spiritual agar tidak muda terpengaruh oleh informasi yang tidak jelas atau hoax yang akhir akhir ini menjadi antisipasi bagi kita semua. 

"Indonesia saat ini masih menghadapi berbagai permasalahan kebangsaan, disamping masalah covid-19 , juga berbagai problem antara lain kemiskinan, pengangguran, lunturnya rasa nasionalisme, penyalahgunaan narkoba dan lain sebagainya," ucap Suardi Saleh.

Sebelumnya Ketua Panitia M.Asikin, S.Pd.M.Si melaporkan kegiatan Pelatihan Kader Muda Bela Negara dilaksanakan dengan kolaborasi Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Barru dengan Kodim 1405 Parepare yang dilaksanakan selama 3 hari yaitu hari jum'at sampai minggu tanggal 26-28 november 2021  dengan  jumlah peserta dari  Gabungan Organisasi Kepemudaan ( OKP ), Mahasiswa dan Pelajar yang ada di kabupaten Barru sebanyak 40 orang.  

(Humas/sam) 

Posting Komentar untuk "Wakili Bupati Barru, Kadispora Buka Pelatihan Bela Negara"