Ditjen Dukcapil Kemendagri Bimbing Mahasiswa UNS Surakarta

JAKARTA (wartamerdeka.info) - Universitas Sebelas Maret (UNS) mengundang Ditjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri dalam Bimbingan Teknis Operasionalisasi Laboratorium Adminduk dan Pembahasan Isu Aktual terkait sekolah vokasi prodi D4 Demografi dan Pencatatan Sipil di kampus UNS Surakarta, Senin (28/3/2022). 

Pada pembukaan acara tersebut, Dekan Sekolah Vokasi Universitas Sebelas Maret, Santoso Tri Hananto mengatakan bersyukur atas kehadiran tim dari Ditjen Dukcapil. Dirinya mengharapkan sekolah vokasi ini bisa meluluskan mahasiswa yang kompeten.

"Kita ingin memperkuat sekolah vokasi Prodi D4 Demografi dan Pencatatan Sipil ini sehingga insya Allah meluluskan SDM unggul dalam bidang Adminduk," kata Santoso. 

Dalam kesempatan ini dia mengusulkan perlunya dirancang agar sertifikasi kompetensi semakin siap untuk angkatan selanjutnya. "Para lulusan nanti harus bangga dan yakin agar bisa terjun di dunia adminduk secara terampil, cepat akurat sesuai tugas dan fungsi adminduk," lanjutnya. 

Santoso berharap pihaknya bisa memperluas jaringan untuk magang. "Karena selama 3 semester lebih akan semakin mantap lagi penekanan di bidang hard skill dan soft skill. Kita juga meyakini di tempat magang akan terbentuk etika dan hal-hal yang tidak diperoleh di kampus. Selain mahasiswa bisa menerima pembelajaran langsung dari dunia kerja adminduk. 

Pada kesempatan yang sama, Ketua Tim Pakar Ditjen Dukcapil I Gde Surata berharap bisa menajamkan tujuan DIkcapil yang sudah berjalan di kampus UNS ini. Kemudian dari DItjen Dukcapil juga mempunyai target tambahan. 

"Minimal 4 namun kita akan bahas hal itu lebih intensif. Prinsipnya untuk saat ini kita akan memberikan bimbingan khusus karena tim teknis sudah berada di sini untuk memberikan pembelajaran kepada mahasiswa UNS secara langsung," tambah mantan Sesditjen Dukcapil itu. 

Direktur Bina Aparatur Kependudukan dan Pencatatan Sipil Andi Kriarmoni yang juga hadir dalam acara tersebut mengatakan, sertifikasi kompetensi untuk mahasiswa dan dosen di Prodi Demografi dan Pencatatan Sipil, yang akan dikoordinasikan lebih lanjut dengan Tim Pakar Dukcapil. 

Andi menerangkan, terkait strategi penyerapan lulusan Prodi D4 Demografi dan Pencatatan Sipil pihaknya sudah menyurati Kementerian PAN-RB dengan surat Menteri Dalam Negeri Nomor 423/8567/Dukcapil pada tanggal 6 Juli 2021. Pada intinya mengusulkan penambahan kualifikasi Pendidikan D4 Program Studi Demografi dan Pencatatan Sipil. 

"Kemenpan-RB membalas surat tersebut dengan Nomor Surat B. 1069/S.SM.01.00/2021 sangat mendukung program studi ini. Kami juga sudah menyurati para kepala daerah seluruh Indonesia untuk sosialisasi, yang intinya lulusan D4 Demografi dan Pencatatan Sipil siap bekerja dengan baik," ujar Dir Bintur itu. (A)

Posting Komentar untuk "Ditjen Dukcapil Kemendagri Bimbing Mahasiswa UNS Surakarta"