Menerima Gubernur Kepri, Bamsoet Pastikan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Sirkuit Internasional F1 Bintan Dilaksanakan 17 Maret 2022

JAKARTA (wartamerdeka.info) - Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo menuturkan peletakan batu pertama pembangunan Sirkuit Internasional F1 di Lagoi Bintan Provinsi Kepulauan Riau akan dilakukan pada 17 Maret 2022. IMI Pusat menargetkan Sirkuit Internasional F1 Bintan menjadi sirkuit termegah di kawasan Barat Indonesia.

"Saat ini tim kajian sedang merampungkan Detail Engineering Design (DED) terkait teknis tanah maupun kondisi alam tempat Sirkuit Internasional F1 Bintan yang akan dibangun. DED Sirkuit Internasional F1 Bintan menyamai konsep Sirkuit di Mandalika yang mengedepankan pemandangan alam. Sirkuit Internasional F1 Bintan dirancang menawarkan pemandangan laut Bintan yang indah," ujar Bamsoet saat Menerima Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad dan General Manager PT Bintan Resort Cakrawala Abdul Wahab di Jakarta, Senin (14/3/2022).

Turut hadir antara lain Dewan Pembina IMI Pusat Tinton Soeprapto, Robert Kardinal, Junaedi Elvis dan jajaran Pemda Kepri.

Ketua DPR RI ke-20 dan mantan Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, HAM dan Keamanan ini menuturkan Sirkuit Internasional F1 Bintan akan digunakan untuk menggelar berbagai ajang otomotif dunia. Mulai dari balap mobil sport, balap motor Moto GP hingga Formula 1.

"Pembangunan Sirkuit Internasional F1 Bintan akan berdampak besar pada pertumbuhan ekonomi dan pendapatan asli daerah Bintan. Seiring banyak masuknya wisatawan lokal dan asing dari Singapura, Malaysia dan negara lainnya. Selain akan mendukung sport automotif tourism di kawasan barat Indonesia," kata Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Keamanan dan Pertahanan KADIN Indonesia ini menjelaskan, untuk membangun Sirkuit Internasional F1 Bintan, telah disiapkan lahan seluas 75 hingga 100 hektare. Pembangunan Sirkuit Internasional F1 Bintan telah melalui pengkajian tim konsultan dari Inggris, Populous, yang telah banyak mendesign arena motorsport di berbagai negara dunia. 

"Setidaknya sudah ada dua kawasan lahan yang disiapkan, yaitu berdekatan dengan danau Lagoi Bay, dan di belakang pantai pasir panjang dengan panorama pemandangan alam laut. Sirkuit Internasional F1 Bintan akan dilengkapi tribun dan dipercantik dengan keindahan alam Bintan," pungkas Bamsoet. (A)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama