Pemprov Jabar - Pemkab Gorontalo Teken MoU Bidang Investasi Dan Digitalisasi Sistem Kepegawaian

BANDUNG (wartamerdek.info) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo dan Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsj Jawa Barat sepakat menandatangani MoU bidang investasi dan digitalisasi sistem kepegawaian.

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Bupati Nelson Pomalingo, di Ruang Papandayan, Gedung Sate, Kantor Gubernur Provinsi Jawa Barat, Bandung, Selasa (29/3/2022). 

Kepala Bagian Kerjasama Pemkab Gorontalo Viktor Asisku dihubungi usai kegiatan itu mengatakan, MoU antara Pemerintah Kabupaten Gorontalo dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat mencakup dua bidang, yakni bidang investasi dan digitalisasi sistem kepegawaian.

"Jadi, kerja sama secara riel nantinya akan kita lakukan pengkajian secara mendalam. Karena tadi ini baru Pendatangann MoU dan untuk PKS kita segera lakukan khususnya bagi OPD-OPD yang mendukung,baik SDM maupun bidang Investasi," ujar Viktor. 

Ia pun mengatakan, kita tahu bersama bahwa pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam hal investsi terjadi peningkatan secara signifikan dari tahun ke tahun dan menjadi salah satu Provinsi di Indonesia yang mempunyai Investasi  paling tinggi tahun 2021 kemarin.

Di tengah kondisi pandemi ternyata Investasi Jawa Barat naik dan itu tentunya didukung oleh sistem yang saat ini sudah berjalan,

"Sistem-sistem inilah yang coba kita terapkan di Kabupaten Gorontalo. Sistem yang dimaksud, Pertama sistem Informasi Peluang Investasi Daerah (SIPID) Jawa Barat. Informasi mengenai peluang investasi di daerah  khususnya provinsi Jawa Barat yang dapat digunakan sebagai panduan bagi calon investor untuk berinvestasi di provinsi Jawa Barat," turur Viktor. 

Aplikasi sistem investasi Jawa Barat ini yang kemudian bisa terintegrasikan ke beberapa OPD dengan mendukung satu sama lain. 

"Jadi, dia tidak bergerak parsial, tidak bergerak sendiri-sendiri tapi saling dukung mendukung semua OPD," kata Viktor lagi.

Menariknya, kata Viktor, melalui penadatangan MoU tadi,  maka Gubernur Jawa Barat secara langsung menyatakan akan memberikan secara gratis semua aplikasinya dan bahkan Gubernur Jawa Barat Pak Ridwan Kamil segera memerintahkan OPD- OPD teknis untuk bisa memastikan aplikasi ini tergunakan secara maksimal di Kabupaten Gorontalo. 

"Jadi, bukan sekedar diberikan secara gratis tapi Gubernur Ridwan Kamil memerintahkan OPD teknis untuk memastikan sehingga setelah MoU Ini akan ada tim dari Jawa Barat yang akan datang ke Gorontalo menjalankan Aplikasi ini. Investasi ini menjadj bagian dari semua aplikasi yang diberikan. Intinya Aplikasi Jawa Barat untuk NKRI dan di dalamnya Kabupaten Gorontalo,"tandasnya. 

Sementara itu, Kepala BKPSDM Kabupaten Gorontalo,Jubair Pomalingo menjelaskan, terkait MoU digitalisasi sistem kepegawaian,Pemkab Gorontalo tertarik implementasi Pengembangan Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Pemerintah Daerah Sistem digitalisasi menuju sistem merit.

"Bidang digitalisasi sistem kepegawaian kita mencoba implemtasi digitalisasi menuju sistem merit," jelas Jubair. (Irf)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama