Peringati Hari Rimbawan, Staf Ahli Bupati Sebut Momentum Kesadaran Mengelola Sampah

BARRU (wartamerdeka.info) - Gerakan Bersih Pantai sebagai rangkaian memperingati Hari Rimbawan dengan penggerak utama adalah PLN group dalam hal ini PT. Indonesia Power PLTU Barru adalah hal yang positif. 

Hal itu disampaikan Staf Ahli Bupati Bidang Sosial Kemasyarakatan A. Jalil Mappiare saat mewakili Bupati Barru H. Suardi Saleh pada pelaksanaan Aksi Bersih Pantai di pantai Lasonrai Desa Batupute Kecamatan Soppeng Riaja Kab. Barru, Sabtu (12/3/2022).

"Salah satu Penyebab banjir adalah sampah. Oleh karenanya sampah harus ditangani bersama secara  serius", harap dia. 

Andi Jalil Mappiare  diawal sambutannya menyampaikan permohonan maaf karena Bupati Barru tak sempat mengikuti acara tersebut karena dihari yang sama Gubernur Sulsel menggelar ramah taman pasca pelantikannya.

"Dia mengamanahkan kepadansaya untuk mewakili dan menitip pesan serta mengapresiasi kegiatan pembersihan pantai yang dilaksanakan oleh PT Indonesia Power PLTU Barru," jelasnya. 

Lebih lanjut dikatakan, aksi bersih pantai yang kita laksanakan hari ini dapat menjadi momentum  menggugah kesadaran kita dalam mengelola sampah, termasuk kesadaran tidak membuang sampah sembarangan sehingga akan menjadi kebiasaan masyarakat secara keseruhan. 

"Saat ini sampah merupakan peluang untuk mendapatkan nilai tambah melalui daur ulang. Artinya ada sisi positifnya", sebut Jalil lalu berharap bersih pantai dan lingkungan tidak hanya dilaksanakan oleh PLTU Indonesia Power tapi seluruh komponen masyarakat. 

Dirinya juga menaruh apresiasi karena hanya dua yang ditunjuk oleh PLN group untuk melaksanakan hari rimbawan nasional, salah satunya Indonesia Power. 

Sebelum aksi bersih  sampah didahului dengan gowes (bersepeda)  dari Kantor PLTU Bawasalo menuju pantai  Lasonrai dengan menempuh perjalanan 15 KM dengan waktu 1 jam.

Gowes tersebut diikuti  Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) AKBP Yudha Wirajati Kusuma, S.IK., MH,  Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Barru, Sek Dinas LH. M.Nasir. Menejer Arif Pribadi, Menejer HRD Rahmat Kamaruddin, Humas Indonesia Power Ardan, Camat Balusu Andi Ika Syamsu Alam,Wakil Ketua Baznas H.Minu Kalibu.Selain itu beberapa komunitas sepeda juga hadir . 

Selanjutnya acara inti para peserta gowes menyusur pantai Lasonrai untuk melakukan pembersihan pantai Lasonrai yang dikuti Staf Ahli Sosial Kemasyarakatan Andi Jalil Mappiare mewakili Bupati Barru.Turut dihadiri Dandim 1405 Mallusetasi  Letkol Kav Agung Wirakusuma Eka Putra, S.E, Camat Soppeng Riaja Charli Fisher,S.IP,Komunitas pemuda Namira, para Babinsa TNI dari Danramil Soppeng Riaja,Mallusetasi dan Balusu,Babinkantimas Soppeng Riaja.

Menejer OMU PLTU Barru Arie Pribadi mengatakan,acara hari ini serentak dilaksanakan merupakan rangkaian  hari rimbawan. PT Indonesia Power PLTU Barru ditunjuk menjadi   pelaksana dan hanya dua di wilayah Sulawesi. 

"PLN Gruop melaksanakan aksi bersih pantai untuk mensukseskan Presidensi G. 20 yang mengusung tema, Recover Together, Recover Stronger. 

(syam)

Posting Komentar untuk "Peringati Hari Rimbawan, Staf Ahli Bupati Sebut Momentum Kesadaran Mengelola Sampah"