Raih Penghargaan 'AMPL Award', Kab Barru Menggema Di Langit Jakarta

USAHA tidak akan menghianati hasil. Ungkapan kata bijak itu rupanya menjadi motivasi bagi Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Barru untuk terus berinovasi tiada henti demi Kabupaten Barru yang lebih baik. 

Pada tahun 2022 ini,  untuk kesekian kalinya Kabupaten Barru tercatat sebagai daerah yang mendulang berbagai prestasi.  Kali ini torehan prestasi kembali bergema secara Nasional. Kabupaten Barru terpilih menjadi satu dari lima kabupaten/kota di Indonesia menjadi penerima AMPL Award dan ini tentu merupakan capaian luar biasa. 

Atas prestasi itu, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional atau Bappenas mengundang secara khusus Bupati Barru, Ir. H. Suardi Saleh M.Si selaku Pimpinan Puncak Kabupaten Barru, untuk menerima Penghargaan Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (AMPL Award) yang digelar di kawasan Pantai Indah Kapuk Boulevar Jakarta Utara, Rabu (25/5/2022).

Penghargaan AMPL Award yang diraih kabupaten Barru untuk Kategori Inovasi Penggunaan Zakat terbaik untuk pembangunan air minum dan sanitasi. 

Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh M.Si, yang hadir dengan batik biru elegan didaulat menerima langsung Plakat AMPL Award di panggung kehormatan yang diserahkan dari tangan ke tangan oleh Menteri Perencanaan PPN/Bappenas, Suharso Monoarfa.

"Jenis inovasinya adalah Pemanfaatan Dana Zakat, Infaq dan Sadakah (ZIS) untuk peningkatan Akses Air Minum dan Sanitasi",  jelas Kabid Humas IKP Kominfo Barru Ardi Susanto yang dikonfirmasi,  Rabu (25/5/2022).

Berdasarkan data,  kabupaten/kota yang menerima AMPL Award tahun 2022, adalah Kabupaten Barru Provinsi Sulawesi Selatan. Kota Bandung Jawa Barat. Kota Mataram NTB. Kabupaten Magelang Jawa Tengah dan Kota Balikpapan Kalimantan Timur,  masing-masing dengan inovasi berbeda. 

Menanggapi torehan penghargaan tersebut, salah seorang tokoh nasional Dr. H. Abd. Hajar  Siang,  mengaku senang dan bangga atas prestasi yang dicapai Kabupaten Barru. 

"Alhamdulillah, nama kabupaten Barru di luar, cukup cemerlang, diakui atau tidak, tak terlepas, karena Bupati Barru atau Pemimpinnya yang creatif dan punya Ide cemerlang untuk mengharumkan nama Daerah," sebut Hajar Siang yang juga adalah Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (DPN)  Aliansi Federasi Perjuangan Indonesia (AFPI).

Putera Barru yang juga mantan Anggota DPRD Kutai Timur Provinsi Kalimantan Timur itu berharap mudah-mudahan dibawa kepemimpinan Pak H. Suardi Saleh, kabupaten Barru semakin maju dan sejahtera dan bisa bersaing dengan Daerah lain dalam segala aspek.

Dirinya juga memuji sikap kematangan dan kedewasaan Bupati Suardi Saleh yang selalu menyikapi setiap permasalahan dengan bijak.

"Salah satu kelebihan beliau (Pak Bupati) , dimana tidak anti kritis. Buktinya setiap keritikan selalu direspon secara bijak",tutur Hajar Siang yang mengaku juga sering mengkritisi jika ada kebijakan yang tidak pro rakyat. 

(syam m. djafar)

Posting Komentar untuk "Raih Penghargaan 'AMPL Award', Kab Barru Menggema Di Langit Jakarta"