Gelar Rakor, Pokja II Satgas Pengawalan DOB Dorong Percepatan Peresmian Provinsi Papua Tengah

NABIRE (wartamerdeka.info) - Satuan Tugas (Satgas) Pengawalan Daerah Otonom Baru (DOB) melalui  Kelompok Kerja (Pokja) II menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) dengan jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) se-wilayah Papua Tengah. Rakor tersebut digelar di Gedung Pemkab Nabire, Selasa (6/9/2022). 

Adapun kegiatan yang dipimpin Bupati Nabire Mesak Magai itu merupakan rangkaian dari kunjungan awal Satgas DOB di provinsi baru di Papua yang berlangsung dari tanggal 5 hingga 10 September 2022. 

Ketua Pokja II yang juga Direktur Toponimi dan Batas Daerah Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Administrasi Kewilayahan (Adwil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Sugiarto mengatakan, tim tersebut terbentuk berdasarkan Surat Keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 118-5237 Tahun 2022 tentang Pembentukan Satuan Tugas Pengawalan DOB Provinsi Papua Selatan, Provinsi Papua Tengah, dan Provinsi Papua Pegunungan. Tujuan dari tim tersebut untuk menyiapkan peresmian DOB. 

Keberadaan tim tersebut, tambah Sugiarto, salah satunya untuk menyiapkan pelantikan penjabat gubernur dan peresmian provinsi. 

Di samping itu tim juga menyiapkan pembentukan perangkat daerah dan manajemen aparatur sipil negara (ASN), mendorong penyusunan Peraturan Gubernur (Pergub) tentang Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi, hingga memacu pembentukan Majelis Rakyat Papua (MRP). Tim juga melakukan tugas-tugas teknis lainnya yang diperlukan. 

Dia menambahkan, selama kunjungan tahap awal di Papua Tengah, Pokja II akan  melakukan beberapa hal, diantaranya mengawal dan memberikan dukungan dalam menyiapkan kantor gubernur sementara beserta perlengkapannya. 

Selain itu, Pokja II juga mengawal dan mendukung penyiapan rumah dinas gubernur dan sekretaris daerah (Sekda). 

Sugiarto berharap, para bupati di wilayah Provinsi Papua Tengah dapat terus mempersiapkan peresmian provinsi tersebut secara maksimal. Upaya tersebut agar momentum peresmian dapat dimanfaatkan secara efektif dan optimal. 

Sebagai informasi Rakor tersebut dihadiri Inspektur I Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemendagri Bachtiar Sinaga, Asisten I Sekda Provinsi Papua, Bupati Nabire, Bupati Paniai, Bupati Dogiyai, Bupati Deiyai, Bupati Intan Jaya, dan Bupati Puncak. 

Acara itu juga dihadiri para Sekda Kabupaten se-Provinsi Papua Tengah, jajaran organisasi perangkat daerah (OPD), dan tim teknis Satgas Pengawalan DOB Kemendagri.

Posting Komentar untuk "Gelar Rakor, Pokja II Satgas Pengawalan DOB Dorong Percepatan Peresmian Provinsi Papua Tengah"