Kapolres Kukuhkan Pokdar Kamtibmas Di kabupaten Lampung Utara

LAMPUNG UTARA (wartamerdeka.info) -  Polres Lampung Utara menggelar Fokus Group Discussion (FGD) bertema Peran Pokdar Kamtibmas, Dai Kamtibmas dan FKUB Dalam Mengantisipasi Berkembangnya Intoleransi dan Radikalisme Guna Terwujudnya Situasi Kamtibmas Yang Kondusif di Wilayah Hukum Polres Lampung Utara, Selasa (20/9/2022).

Pada kesempatan  itu sekaligus dilakukan Pengukuhan Pokdar Kamtibmas di Kabupaten Lampung Utara.

Kapolres AKBP Kurniawan Ismail dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur dan terima kasihnya kepada para pejabat dan peserta yang hadir.

Dikatakan, kegiatan ini adalah berkaitan dengan Pokdar Kamtibmas yang diaktifkan kembali.  Pokdar Kamtibmas nantinya akan menjadi mitra dari Polres Lampung Utara dalam mewujudkan Situasi Kamtibmas yang Kondusif.

Diaktifkannya kembali Pokdar Kamtibmas  dikarenakan keterbatasan kuantitas jumlah personil Polres Lampung Utara (yang masih di bawah 50% dari jumlah yang seharusnya).

Pemberdayaan potensi masyarakat sebagai Mitra Polri ini akan membantu dan mendukung pelaksanaan tugas kepolisian dalam kewenangan yang terbatas (hanya pada fungsi preemtif dan preventif).

"Pengukuhan Pokdar kamtibmas kabupaten Lampung Utara merupakan langkah-langkah untuk mengujudkan keamanan bagi masyarakat," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Pokdar Kamtibmas  Lampung Utara Fadly Ahmad  mengatakan, tugas Pokdar kamtibmas adalah sukarela membantu penegak hukum untuk mengamankan dan menertibkan masyarakat di wilayah masing-masing, khususnya di kabupaten Lampung Utara.

Adapun sebutan lain dari pokdarkamtibmas adalah Citra Bhayangkara.

Fadly juga menghimbau kepada seluruh Anggota Pokdar kamtibmas agar bertindak secara hati-hati dan tidak gegabah atau main hakim sendiri.

"Segera laporkan kepada pihak yang berwenang apabila menemukan hal-hal yang mencurigakan atau menangkap pelaku tindak kriminal dan kejahatan di wilayah masing-masing," gegasnya

Sedangkan Dedi Nurman,S.T.M.M selaku ketua Pokdar kecamatan se-kabupaten Lampung Utara mengatakan bahwa dirinya siap berpartisipasi untuk mewujudkan ketertiban di wilayah kota kecamatan sampai di desa.

"Untuk memberikan keamanan serta membantu Polres Lampung Utara dalam menegakkan ketertiban dan keamanan, serta memperkecil ruang lingkup tindak kejahatan di kabupaten Lampung Utara," tutupnya. 

Selain Kapolres, acara ini dihadiri pula Kepala Kemenag Lampung Utara, dan sejumlah pejabat serta tokoh masyarakat setempat.

 (yoke)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama