Wamendagri John Wempi Wetipo Apresiasi Kinerja Kepala Daerah Dan TPID Dalam Mengendalikan Inflasi

SURABAYA (wartamerdeka.info) – Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo mengapresiasi berbagai upaya pengendalian inflasi yang dilakukan gubernur, bupati/wali kota, maupun Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) di daerahnya masing-masing. 

presiasi itu disampaikan Wempi saat memberi sambutan pada Rapat Koordinasi Pusat dan Daerah (Rakorpusda) Pengendalian Inflasi 2022 bertajuk "Sinergi dan Inovasi untuk Stabilitas Harga dan Ketahanan Pangan: Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP)" di Ballroom Hotel Shangri-La, Surabaya, Rabu (14/9/2022).

"Pada kesempatan yang baik ini, perkenankan saya menyampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh gubernur, bupati, wali kota beserta seluruh anggota Tim Pengendalian Inflasi Daerah baik di provinsi dan Tim Pengendalian Inflasi Daerah di seluruh Indonesia," terang Wempi. 

Wempi juga mengucapkan terima kasih atas kerja keras dan terkoordinasinya berbagai pihak dalam menjaga pergerakan inflasi sehingga tetap rendah dan stabil. 

Menurutnya, upaya itu dilakukan daerah melalui berbagai pengembangan inovasi program atau kegiatan yang sejalan dengan kebijakan pengendalian inflasi nasional maupun peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Selain itu, dirinya mengajak semua pihak dapat memanfaatkan Rakorpusda tersebut sebagai media untuk mewujudkan kesepahaman dan harmonisasi dalam upaya pengendalian Inflasi di seluruh Indonesia. Terlebih, kerja sama semua pihak menjadi bagian penting dalam pengendalian inflasi. 

Di lain sisi, lanjut Wempi, setiap tahunnya Tim Pengendalian Inflasi Pusat (TPIP) melakukan penilaian terhadap kinerja yang dilakukan TPID, baik provinsi maupun kabupaten/kota. 

Hasil penilaian tersebut menjadi landasan diberikannya penghargaan kepada TPID yang dinilai dapat mengendalikan laju inflasi di daerahnya. Penghargaan tersebut diberikan melalui gelaran TPID Award.

Dalam kesempatan tersebut juga dilangsungkan pemberian penghargaan TPID Award 2021 ke sejumlah provinsi dan kabupaten/kota. 

Adapun untuk penghargaan kategori TPID Provinsi Terbaik 2021 diberikan kepada Provinsi Bengkulu, Jawa Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, dan Nusa Tenggara Barat. 

Sedangkan penghargaan kategori TPID Kabupaten/Kota Terbaik 2021 diberikan kepada Kota Pekanbaru, Kabupaten Banyuwangi, Kota Pontianak, Kota Gorontalo, dan Kota Mataram. 

Selain itu, untuk penghargaan kategori TPID Kabupaten/Kota Beprestasi 2021 diberikan kepada Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Blitar, Kabupaten Landak, Kabupaten Bone Bolango, dan Kabupaten Lombok Barat

Sebagai informasi, Rakorpusda tersebut dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Teten Masduki, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, serta sejumlah pejabat pemerintah pusat lainnya. Selain itu, hadir pula gubernur maupun bupati/wali kota dari sejumlah daerah.

Posting Komentar untuk "Wamendagri John Wempi Wetipo Apresiasi Kinerja Kepala Daerah Dan TPID Dalam Mengendalikan Inflasi"