Selain jadi Pembicara di Bonn Jerman, Bupati Nelson Kunjungi Den Haag Guna Perkuat Jaringan Kerjasama dengan Belanda


LIMBOTO (wartamerdeka) - Kunjungan Bupati Gorontalo Prof Dr Nelson Pomalingo ke Bonn Jerman
sebagai sebagai wakil Indonesia dalam konfrensi perubahan iklim internasional  COP 23 baik pada sessi undangan  kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan maupun sessi Apkasi, ternyata membawa dampak begitu besar bagi daerah Kabupaten Gorontalo.


Sebab selain mendapat apresiasi dari berbagai negara di Eropa, Bupati Nelson juga mampu memperkuat kerjasama dengan lembaga PUM Netherland senior ekpert di Den Haag Belanda. Bahkan dalam pertemuan tersebut, Lembaga ini siap membantu UMKM di Kabupaten Gorontalo seperti usaha konfeksi di Limboto Barat dan usaha budidaya ikan di desa Iluta kecamatan batudaa, dan bakal memberikan bantuan -bantuan lewat jalinan kerjasama yang lebih besar lagi.

Bupati Gorontalo Prof Nelson dari kunjungan ini menyampaikan terima kasih atas bantuam yang selama ini diberikan.Apresiasi setinggi-Tingganya atas bantuan-bantuan yang  telah diberikan lembaga Negara kincir angin itu.

"Tadi kita menyempatkan bertemh dengan PUM Netherland di Den Haag,Mereka ini sudah banyak membantu pengembangan UMKM di Kabupaten Gorontalo ,Jadi kita datang untuk memgucapkan terima kasih,serta kita perkuat membangun kerjasama dibidang-bidang lainnya," jelas Bupati Prof Nelson.

Di samping itu,dalam pertemuan yang turut dihadiri kepala bappeda cokro katili,kadis Perkim Syamsul Bahri juga membahas program-program yang akan bergerak dalam pengembangan bisnis itu.

"Mereka sangat tertarik dengan program yang ada di Kabupaten Gorontalo,dan bersedia memberikan bantuan,seperti pengembangan pengelolaan sampah dan limba berbahaya serta penyediaan air bersih ke masyarakat," tambah Nelson.

Untuk diketahui PUM Netherland ini merupakan lembaga bergerak pengembangan bisnis untuk Negera berkembang.Lembaga ini telah banyak memberikan pengembangan ekonomi dibeberapa negara dengan memfasilitasi daerah daerah untuk memdapatkan suntikan bantuan dari investor -investor di Belanda.Juga memberikan pendampingan profesional dalam pengembangan ekonomi lokal.

Di hari yang sama,  rombongan Pemerintah Kabupaten Gorontalo itu juga menyempatkan diri berkunjung ke kantor Kedaulatan besar Republik Indonesia (KBRI) di Den Haag serta menyempatkan berkunjung ke Perpustakaan leiden belanda(Irfan/Ar)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama