Diklat MNTC Batam Dapat Penghargaan Diklat Maritim Terbaik Dari Kementerian Perhubungan


BATAM (wartamerdeka.info) - Diklat Maritime National Training Center (MNTC) Batam mendapat penghargaan sebagai dikat dibidang Maritime terbaik dari Kementerian Perhubungan, penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Kantor Pelabuhan Kelas I Batam Capt. Barlet, MM di sela - sela acara Kampanye Keselamatan Pelayaran yang diadakan Pelabuhan Umum PT. BINTANG 99 pada 5 Desember 2018 yang lalu di Batam.

Penghargaan ini diberikan karena selama ini Diklat MNTC Batam telah banyak berpartisipasi membantu Pemerintah dalam hal ini Kementerian Perhubungan untuk ikut mengkampanyekan akan pentingnya Keselamatan Pelayaran. MNTC Batam mengajar dan melatih taruna taruni calon pelaut, masyarakat, para nelayan tentang aturan  aturan pelayaran demi keselamatan di laut serta melatih tindakan  tindakan yang dilakukan apabila terjadi kecelakaan di laut.

Dalam acara keselamatan pelayaran di Batam yang lalu, taruna taruni MNTC Batam telah ikut berpartisipasi memperagakan dalam acara simulasi penanggulangan kecelakaan kapal di dermaga PT BINTANG 99 yang diadakan oleh Kanpel Batam juga dihadiri oleh Gubernur Kepri H. Nurdin Basirun.

MNTC Batam yang didirikan oleh Putra Daerah asal Tg. Batu Kundur Kabupaten Karimun yang sering dikenal dengan nama Bay Si Anak Pulau yang juga merupakan pengusaha kapal penumpang dari Tg. Balai Karimun ke Kukup Malaysia merasa bersyukur kepada Sang Pencipta.

"Kami juga berterima kasih kepada Pemerintah yang telah selalu mendukung kegiatan  kegiatan diklat kami dan banyak memberi tunjuk ajar kepada kami sehingga kami bisa tumbuh besar seperti sekarang," tambah Bay.

Sebagai rasa syukur, pihaknya, untuk tahun 2019 nanti, akan memberikan pelatihan gratis untuk mendapatkan sertifikat Basic Safety Training ( BST ) dan Buku Pelaut  kepada 100 calon peserta yang kurang mampu namun mempunyai keinginan kuat untuk menjadi pelaut yang berasal dari Daerah Kabupaten Karimun.

"Syaratnya hanya dengan menunjukkan KTP asal Kabupaten Karimun dan Surat Keterangan Kurang Mampu dari Instansi terkait dan mudah  mudahan untuk tahun  tahun selanjutnya tidak menutup kemungkinan akan menambah jumlah calon peserta untuk program beasiswa bagi masyarakat yang kurang mampu dan bukan hanya yang berasal dari daerah Karimun tetapi juga untuk seluruh masyarakat Kepri," ujar Bay.

Dikat MNTC Batam yang berkantor First City Complex Blok 3 Batam Center mempunyai tempat pusat pelatihan dengan fasilitas yang lengkap di atas lahan seluas 4 hektar di Jl. Komp. Pendidikan Dan Wisata Maritime No. 01 Tg. Buntung Bengkong Batam.

Adapun program diklat yang dapat diambil di tempat ini adalah seperti BST, MFA, SAT, SDSD, SSO, CCM dan Revalidasi namun untuk tahun depan InsyaAllah akan ada penambahan beberapa program diklat lainnya yang dibutuhkan oleh pelaut sehingga masyarakat Kepri tidak perlu pergi jauh kemana  mana untuk mendapatkan sertifikat yang dibutuhkan.(AR/Sihat)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama