Dr Fory Naway Gagas Pendirian Pesantren Lansia


LIMBOTO (wartamerdeka.info) - Pesantren khusus bagi lanjut usia (lansia) akan segera dibangun di Kabupaten Gorontalo. Pendirian pesantren ini digagas oleh  Ketua Tim Penggerak (TP)  PKK Kabupaten Gorontalo Dr Fory Naway (FN).

Menurut Fory, pesantren yang nantinya fokus pada program penuntasan buta aksara Al- Quran bagi lansia itu akan dibangun di pusat ibu kota yakni kecamatan Limboto.

Pembangunan pesantren lansia ini akan dikerjasamakan dengan dinas kesehatan dan dinas sosial Kabupaten Gorontalo, darma wanita persatuan dan gabungan organisasi wanita (GOW).

Fory Naway mengungkapkan, sistem pembelajaran yang diterapkan di pesantren lansia berbeda dengan pesantren biasa. Program lebih fokus penuntasan buta aksara al-Quran serta jika ada yang sudah tahu baca al-Quran, mereka lebih pada kajian-kajian.

"Di pesantren ini, selain tuntaskan askara baca al-quran  akan ada sistem pembelajaran pemantapan akidah dan ahlak, kajian fiqih dan sunnah Rasul plus sholat lima waktu," ungkap Fory Naway dalam sambutannya saat acara pelantikan dan pengambilan sumpah ketua PKK Desa Resksonegoro, Selasa (09/04/2019),

Untuk tenaga pengajar akan menghadirkan para kiyai. “Kalau di pesantren hanya beberapa jam dan santri tidak nginep di sini,dalam seminggu mungkin bisa dua kali ” katanya.

Ia mengatakan, pembangunan pesantren lansia guna memberdayakan lansia agar tetap  produktif untuk tetap beribadah. "Hitung- hitung ibadah sebagai tabungan akhirat nanti " tutur Fory.(Irf)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama