Korem 051/ WKT Laksanakan Panen Raya Padi Di Cibitung


BEKASI (wartamerdeka.info) -  Danrem 051/Wkt Brigjen TNI R. Sidharta Wisnu Graha, S.E, yang diwakili Kepala Seksi Teritorial Korem 051/Wijayakarta, Kolonel Arh Yogo Widiyatmoko, S Sos, TH (Han) melaksanakan panen raya padi lahan pertanian Kodam Jaya di Desa Wanajaya, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Bekasi, Rabu (16/12/2020).

Hal ini sebagai upaya nyata satuan kewilayahan dan bukti keseriusan Korem 051/Wijayakarta beserta jajaran (Kodim 0509/Kab Bekasi, Koramil 05/Cibitung dan Babinsa) dalam membantu program swasembada pangan yang dicanangkan Pemerintah.

Dalam dalam amanatnya yang dibacakan Kasiter Kolonel Arh Yogo Widiyatmoko, menyampaikan bahwa pihaknya mengapresiasi kepada petani penggarap yang selama ini telah bersinergi dengan baik dalam melakukan upaya pertanian guna mewujudkan keberhasilan swasembada pangan Nasional.

"Kita menyadari selama proses tanam masih ada kekurangan, hambatan dan kendala, seperti pergantian iklim, hama penyakit, keterbatasan sarpras dan pengairan, bahkan fluktuasi harga beras dipasaran. Namun hendaknya tidak menyurutkan semangat kita," pesannya.

Pihaknya pun memberikan solusi,  dengan meningkatkan  kerjasama seluruh instansi terkait (Pemda, Swasta, akademisi, dan peneliti) dengan Korem 051 beserta jajaran Kodim 0509 dan kelompok tani.


"Saya berharap semoga semua yang telah diupayakan ini, dapat semakin memberikan kontribusi yang lebih besar guna membantu pencapaian program ketahanan pangan Nasional kedepan," imbuhnya.

Sedangkan Camat Cibitung, Encun Sunarto, mengatakan, pihaknya mengapresiasi kegiatan ini.

"Ini langkah awal yang baik, sehingga para petani (kelompok tani) dapat menimba ilmu atau edukasi dari TNI yang memang telah memiliki talenta dan ilmu yang mumpuni tentang hal pertanian," katanya.

"Terima kasih, saya berharap dengan ilmu pertanian yang dimiliki TNI yang mumpuni dapat memberikan edukasi kepada kelompok tani kita," tambah Camat.

Dirinya pun mengingatkan, pada masa pandemi Covid-19 di wilayahnya yang masih menunjukan angka peningkatan, agar senantiasa selalu waspada dengan selalu menerapkan protokol kesehatan 3M (memakai masker, mencuci tangan dengan sabun sesering mungkin dan menjaga jarak tidak berkerumun).

Sementara itu, Kabid Pertanian Kabupaten Bekasi, Hj.Eem Embang yang saat itu hadir dalam panen raya, menyampaikan untuk lebih meningkatkan hasil panen padi pihaknya merencanakan dan akan memberikan sample padi yang akan ditanam dengan peningkatan produktifitas IP 400.

"Untuk lebih meningkatkan produktifitas mungkin akan kita ubah dan kita coba menggunakan IP 400, dan harus diubah pola tanam yang tadinya 3 kali masa panen menjadi 4 kali dan ini akan diupayakan di tanah Kodam Jaya," ungkapnya.

Diketahui, pada kegiatan tersebut hadir Kasiter Korem 051/Wijayakarta, Kolonel Arah Yogo Widiyatmoko, S Sos, Penrem 051 Mayor Dasiya bersama jajaran Kodim 0509, Danramil 05/Cibitung, Kapten Inf Agung Purnomo, Camat Cibitung, Encun Sunarto, Kabid Pertanian Kabupaten Bekasi, Hj. Eem Embang, Kades Wanajaya dan para petani serta kelompok tani Desa Wanajaya. (Yot).

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama