Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 


 


Hendropriyono: Konflik Ideologi, Ancaman Yang Bakal Mewarnai Indonesia Pada 2021

AM Hendropriyono 

JAKARTA (wartamerdeka.info) ‐ Mantan kepala Badan Intelijen Negara (BIN) AM Hendropriyono memprediksi ancaman yang bakal mewarnai Indonesia pada 2021, di antaranya soal konflik ideologi dan merebaknya aksi antioligarki.

Menurutnya, tantangan yang bakal dihadapi adalah merebaknya aksi antioligarki dan kejahatan teroganisasi. Khusus antioligarki, katanya, digerakkan oleh barisan sakit hati, meski tak merinci siapa yang dimaksud.

"Ini diusung barisan sakit hati. Barisan sakit hati akan menggunakan isu antioligarki," kata Hendropriyono dalam sebuah diskusi di Jakarta, Senin (4/1).

Oligarki secara umum diketahui merupakan sistem pemerintahan yang dikuasai sekelompok kecil elite berbasiskan kekuasaan dan modal.

Sementara yang kedua, Hendropriyono menyoroti soal kejahatan terorganisir. Motifnya, kata dia, adalah ideologi teror.

"Ini terus bermimikri, bermetamorfosa," kata dia. "Sekarang namanya Front Persatuan Islam," sambungnya.

Dia menyatakan metamorfosa macam ini seakan-akan menantang pemerintah, yang sebelumnya mengumumkan bahwa Front Pembela Islam (FPI) resmi dilarang.

Selain kedua soal itu, Hendropriyono juga meramalkan isu Papua dan intervensi luar negeri, berkaitan dengan bisnis, akan menjadi tantangan tersendiri bagi Indonesia. Dia menuturkan pelbagai tantangan itu akan merebak pada tahun ini.  

Posting Komentar untuk "Hendropriyono: Konflik Ideologi, Ancaman Yang Bakal Mewarnai Indonesia Pada 2021"