Gencarkan Vaksinasi Covid-19, Lamongan Menuju Zona Hijau

Bupati Yuhronur Efendi disuntik vaksin Covid-19

LAMONGAN (wartamerdeka.info) - Bupati Yuhronur Efendi menerima dosis vaksin Coronavac pertama, Senin (1/3/2021) di SMPN 1 Lamongan bersama wakil bupati Abdul Rouf dan Kapolres AKBP Miko Indayanaini setelah melalui proses skrining oleh tenaga kesehatan. 

Saat ini Lamongan sudah pada zona kuning, bupati berharap nantinya kabupaten Lamongan segera menuju zona hijau.

“Saat ini target vaksinasi yakni, pelayanan publik termasuk TNI, Polri dan ASN serta lansia. Mari sukseskan vaksinasi covid19 sehingga Lamongan menjadi zona hijau.Tidak sakit sama sekali, hanya seperti digigit semut,” jelas Yuhronur Efendi.

Selanjutnya dosis kedua akan diberikan minimal 14 hari setelah dilakukan penyuntikan dosis pertama.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan dr. Taufik Hidayat total sasaran vaksinasi saat ini yakni sebanyak 207.302 orang dengan rincian 174.305 lansia dan 32.997 pelayanan publik.

“Dari total 32.997 target sasaran pelayanan publik, hasil cakupan sampai dengan 27 Februari 2021 telah mencapai 35% atau sebanyak 3.283 orang,” ungkap Taufik Hidayat.

Selama pelaksanaan PPKM Mikro di Kabupaten Lamongan terjadi penurunan penambahan jumlah pasien terkonfirmasi posisif Covid 19. 

Pada minggu pertama PPKM Mikro, minggu pertama Februari kasus confirm 46 orang turunmenjadi 45 orang di minggu kedua, turun menjadi 43 orang di minggu ketiga dan menjadi 40 orang di minggu keempat. Begitu pula jumlah pasien aktif menurun dari 87 orang di minggu pertama, menjadi 66 orang di minggu kedua, 26 orang di minggu ketiga dan menjadi 20 orang di minggu keempat. Dan hanya terjadi satu kasus meninggal selama PPKM Mikro di Kabupaten Lamongan.

Taufik Hidayat juga mengungkapkan, tingkat kesembuhan pasien Covid 19 di Lamongan melebihi angka nasional 85,62 % yakni sebesar 92,73%. 

Bahkan Bed Occupancy Ratio (BOR) Lamongan saat ini hanya 16% dari standar BOR Nasional 60%.

Lamongan masih mempunyai PR 10 kecamatan yang masih ada pada zona kuning, sedangkan 17 kecamatan lainnya sudah ada pada zona hijau.(Tim) 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama