Bupati Lamongan Akan Jamin Pendidikan Anak-anak Yang Orangtuanya Meninggal Kena Covid-19

LAMONGAN (wartamerdeka.info) - Semenjak pandemi covid-19, tidak sedikit anak-anak di Indonesia khususnya Lamongan dipaksa harus menjadi yatim atau piatu, bahkan yatim-piatu. Untuk menjamin pemenuhan akan hak anak utamanya pendidikan, Pemerintah Kabupaten Lamongan bersama Dinas P3AK (Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Kependudukan), Kamis (5/8), melakukan rekap data anak yang orang tuanya meninggal karena terpapar covid-19.

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi, mengatakan pelaksanaan rekap data ini akan bekerjasama dengan camat di 27 kecamatan di Kabupaten Lamongan. Anak yang masuk dalam rekap data yatim-piatu terimbas covid adalah anak yang baik kedua orangtua maupun salah satunya meninggal karena terpapar covid-19.

"Melalui data ini nanti akan kita upayakan bagaimana kelangsungan pendidikan mereka, khususnya anak-anak yang yatim-piatu, yang orangtuanya meninggal karena covid-19," terang Pak Yes. 

Pada kesempatan ini, Bupati Pak Yes, melakukan kunjungan ke rumah salah seorang anak, yang harus menjadi yatim-piatu sebagai imbas dari bencana pandemi covid-19. Anak yang bernama Safana Az Zaira, ibunya lebih dulu meninggal sekitar satu tahun yang lalu, sedangkan ayahnya meninggal dunia karena covid-19. Saat ini Safana tinggal dan diasuh oleh neneknya.

Selain bantuan dari pemerintah, Bupati juga mengajak seluruh masyarakat yang memiliki rezeki lebih untuk turut membantu anak-anak disekitarnya yang terpaksa harus kehilangan orangtuanya karena covid-19. Tidak hanya membantu memenuhi haknya secara materiil, juga berharap anak yatim-piatu korban covid-19 ini dapat terpenuhi hak untuk tumbuh dengan penuh cinta dan kasih sayang dari keluarga dan masyarakat sekitarnya.

"Saya berharap, anak-anak ini nanti semua haknya dapat terpenuhi. Saya mengajak, tidak hanya pemerintah, tapi siapa saja yang merasa mampu untuk turut membantu memenuhi hak mereka, bukan hanya materiil, psikis juga," tambahnya. (Mas) 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama