Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 


Pasca Dikukuhkan, BPP Ataknas Jawa Barat Langsung Gelar Seminar Nasional

Foto: Para Narasumber, Moderator dan para peserta Seminar Nasional BPP Ataknas Jawa Barat 

BANDUNG (wartamerdeka.info) - Pasca dikukuhkan, Badan Pimpinan Provinsi (BPP) Asosiasi Tenaga Ahli Konstruksi Nasional (Ataknas) Jawa Barat, langsung menggelar Seminar Nasional bertajuk “Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Menciptakan Tenaga Kerja Konstruksi yang Profesional untuk Menghadapi Era 4.0 Pada MEA”.  

Pengukuhan BPP Ataknas Jawa Barat ini digelar di Hotel Horison kota Bandung, Rabu 15 September 2021 lalu. Hadir dalam pengukuhan tersebut diantaranya, Wakil Gubernur Jawa Barat, H. Uu Ruzhanul Ulum, SE; Ketua Perkumpulan Masyarakat Jasa Konstruksi (PMJK) Jawa Barat, Yulia Ramalia, SH; Komisioner LPJK Kementerian PUPR, Prof. Dr. Manlian Ronald A. Simanjuntak, ST., MT., D.Min; Ketua Umum Badan Pimpinan Nasional (BPN) Ataknas, Ir. Taqdir Syawir beserta jajaran pengurus BPN Ataknas, dan rekanan Asosisasi Profesi se-Jawa Barat. 

Kepengurusan BPP Ataknas Jawa Barat tersebut, terdiri dari bidang-bidang, yang dilengkapi dengan jajaran Kesekretariatan dan Kebendaharaan. Secara umum ada lebih dari 20 anggota pengurus yang dikomandoi oleh Ketua BPP Ataknas Jawa barat, Yadi Kusmayadi, SE. 

Dalam penjelasannya, Yadi Kusmayadi, SE, menyampaikan terima kasihnya kepada BPN Ataknas, atas kepercayaan yang diberikan utuk memimpin Ataknas Jabar. Dirinya berkomitmen, akan selalu siap menjalankan amanah tersebut, sekaligus bekerja keras untuk kemajuan Ataknas di Jabar. 

Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, dalam sambutannya memberikan apresiasinya kepada BPP Ataknas Jabar atas pengukuhan kepengurusan tersebut. Wagub Jabar juga sempat kilas-balik mengenai era terdahulu, bahwa ada asosiasi profesi dan asosiasi badan usaha tertentu yang seakan-akan menjadi anak emas. Akan tetapi pada era sekarang, semuanya serba terbuka dan berkeadilan. 

Menurutnya, hal ini sejalan dengan keterbukaan Pemprov Jabar terhadap investasi diberbagai bidang. Dirinya juga berpesan, agar kepengurusan BPP Ataknas Jabar ini bisa menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya. 

“Hal ini tentunya akan membawa pengaruh positif terhadap perkembangan industri jasa konstruksi di Jawa Barat,” pesan Sang Wakil Gubernur. 

Seminar Nasional Bahas Peningkatan SDM Konstruksi Pasca pengukuhan pengurus, BPP Ataknas Jabar langsung tancap gas dengan menggelar Seminar Nasional yang mengangkat tema, Peningkatan Kompetensi  SDM Sektor  Konstruksi. Dalam Seminar Nasional tersebut, hadir sebagai narasumber, Komisioner LPJK Kementerian PUPR, Prof. Dr. Manlian R.A. Simanjuntak, ST., MT., D.Min; Ketua LSP Ataknas Profesional Konstruksi, Dr. Idi Namara, MT; serta Pakar Konstruksi yang juga merupakan Asesor, Dr (Cand). Ir. Drs. Edison H. Manurung, MT, MM, MH.  

Dalam pemaparannya, Prof. Dr. Manlian Simanjuntak menjelaskan berbagai upaya yang sudah dilakukan oleh LPJK untuk mendorong kemajuan sekaligus kepentingan sektor jasa konstruksi.

“LPJK telah mendorong lahirnya regulasi yang mendukung berbagai kepentingan dalam pengembangan sektor jasa konstruksi, baik itu Peraturan Pemerintah ataupun Peraturan Menteri,” tegasnya.  

Ditambahkan Manlian, lahirnya SE No 5 LPJK Tahun 2021 ini, semakin membuka kesempatan bagi SDM Konstruksi dan Asosiasi Profesi untuk lebih berkembang semaksimal mungkin. Prof. Manlian yang merupakan Guru  Besar Universitas Pelita Harapan ini menegaskan pentingnya kebersamaan dalam meningkatkan kompetensi SDM Konstruksi. 

Sementara itu, Ketua Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Ataknas, Dr. Idi Namara, MT memaparkan bagaimana pentingnya kolaborasi antara  industri, asosiasi profesi serta perguruan tinggi. 

“Setidaknya ada empat pilar dalam upaya peningkatan kompetensi SDM, yakni, Pemerintah, Perguruan Tinggi, Industri, dan Asosiasi Profesi,” jelasnya.  

Menurutnya, keempat pilar tersebut memiliki peran yang berbeda namun tetap beririsan, sehingga dengan adanya kolaborasi maka akan memperkuat keberhasilan dalam upaya peningkatan SDM. 

“Saat ini LSP kami tengah berproses untuk memperoleh lisensi, baik dari BNSP maupun LPJK. Komitmen kami adalah memberikan layanan terbaik bagi pengguna, tentunya secara profesional, transparan dan berkeadilan,” kata Idi Namara. 

Sedangkan Pakar Konstruksi yang juga merupakan Asesor, Dr (Cand). Ir. Drs. Edison H. Manurung, MT, MM, MH, dalam pemaparannya mengungkapkan pentingnya strategi Ataknas menuju SDM unggul untuk menghadapi Era 4.0 pada MEA.  Selain itu, Edison H. Manurung yang merupakan Ketua LPPM Universitas Mpu Tantular Jakarta ini, mengharapkan generasi muda mau berupaya dan bekerja keras untuk kemajuan negara tercinta ini.

“Ada saatnya dimana kami yang sudah senior ini digantikan oleh adik-adik yang lebih muda (mahasiswa-red). Jadi berorganisasi, belajar dan bekerjalah dengan sebaik-baiknya,” pesan Edison. 

Adapun para pengurus BPP Ataknas Jawa Barat yang dikukuhkan, yang SK-nya ditandatangani Ketua Umum BPN Ataknas Ir. Taqdir Al Musyawir dan Sekjen, Ir. Futung Mustari, M,T, tanggal 15 September 2021 di Jakarta, sebagaimana diuraikan berikut.

Susunan Pengurus Badan Pimpinan Provinsi, Asosiasi Tenaga Ahli Konstruksi Nasional Provinsi Jawa Barat (Ataknas Provinsi Jawa Barat) Masa Bakti 2021-2026

Badan Pembina:

1. Gubernur Provinsi Jawa Barat

2. Ketua Kadin Jawa Barat

3. Ketua Perkumpulan Masyarakat Jasa Konstruksi Jawa Barat 

Dewan Penasehat:

1. Drs. H. M. Engkos Kosasih, M.Pd

2. Ir. Iwa Gartiwa

3. Soeryawan Masangang, S.E

4. Drs. H. TB Basit Subbahi, M.M

Dewan Pengawas:

1. Ir. Iwan Kritiawan

2. Drs. H. Abbas Nugraha, M.T

3. Abdul Azis, S.T

Badan Pimpinan Provinsi (BPP):

Ketua Umum: Yadi Kusmayadi, S.E

Ketua I: Ir. Agah Rukasah

Ketua II: Tita Cardiah, S.T., M.M

Ketua III: Prihadi Waluyo, M.M

Sekretaris Umu: Dodi Wahyudin, S.E

Sekretaris I: Elin Marlina, S.T

Sekretaris II: Hendri Kristiandi, S.E

Sekretaris III: Budi Sutantio, S.H

Bendahara Umum: Ida Dahlia, S.E

Wakil Bendahara: Saefulloh, S.Sos.I

Biro-biro:

a.Organisasi dan Keanggotaan: Yayan Sopian, S.E

b.Sertifikasi: Nandang Ogi Solihin

c.Hubungan Antar Lembaga: Sulaeman Sudrajat, S.T

d.Pendidikan dan Pelatihan: Andi Muhammad Rafiq, S.E

e.Penelitian dan Pengembangan: Yosi Wihara, S.E

f.Advokasi dan Hukum: Syahri Achyan Tanjung, S.I.P


Keseluruhan acara pengukuhan dan Seminar Nasional berjalan dengan baik, dan tetap melaksanakan sesuai prokes. DANS/ED

Posting Komentar untuk "Pasca Dikukuhkan, BPP Ataknas Jawa Barat Langsung Gelar Seminar Nasional"