Kapolri Buka The 58th International Association of Women Police Di NTT

JAKARTA (wartamerdeka.info) - Kepala kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo secara resmi membuka The 58th International Association of Women Police di Hotel Meruorah, Labuhan Bajo NTT, Minggu (7/11/2021).

Acara dibuka resmi oleh Kapolri, Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo yang dihadiri juga oleh Ibu Asuh Polwan RI Ny. Juliati Sigit Prabowo beserta pejabat utama Mabes Polri, perwakilan aparat penegak hukum dari negara sahabat, Polwan dari mancanegara, dan Polwan RI dari sabang sampai Merauke.

The 58th International Association of Women Police merupakan konferensi IAWP pertama dengan konsep Hybrid yang dapat dihadiri oleh peserta baik melalui platform online maupun offline.

Jumlah peserta yang mengikuti konferensi IAWP berjumlah 980 peserta yang diikuti baik peserta dari internasional berjumlah 39 peserta dari 12 negara dan 2 organisasi internasional sementara Indonesia diikuti sebanyak 407 peserta dengan mengikuti ketentuan protokol kesehatan ditengah pandemi Covid 19 saat ini Selain itu dihadiri secara online oleh peserta internasional sebanyak 235 peserta yang terdiri dari 39 negara dan Indonesia sebanyak 299 peserta.

Saat dikonfirmasi Kapolsek Tanjung Kompol Rosana Albertina Labobar yang merupakan salah satu Polwan RI di jajaran Polres Metro Jakarta Barat yang mengikuti kegiatan tersebut mengatakan, sebelum acara pembukaa telah dilaksanakan Parade Of Nations yang merupakan rangkaian kegiatan International Association of Women Police (IAWP) yang melibatkan dari 12 polwan mancanegara 

Dalam Parade tersebut para polwan mancanegara menggunakan pakaian seragam kebesaran yang berlaku di masing-masing negara tak terkecuali dari polwan Republik Indonesia juga turut menggunakan berbagai varian seragam yang berlaku di kepolisian Negara Republik Indonesia

Kegiatan ini disambut baik oleh masyarakat manggarai barat khususnya Labuan Bajo, beberapa komentar positif diekspresikan termasuk keterlibatan beberapa element masyarakat dalam Parade of Nations untuk mempromosikan budaya setempat yang di tampilkan dalam Busana Tradisional NTT. 

Acara ini juga dapat dijadikan sebagai media promosi potensi wisata labuan bajo, potensi budaya, dan potensi ekonomi Kawasan melalui pemberdayaan UMKM. 

Selanjutnya, program terpenting dari konferensi ini adalah Training Sessions dimana terdapat 6 keynote meliputi Mendagri, Under Secretary General for Peace Operations dan 4 diantaranya adalah inspiring female leader dari tanah air seperti Menkeu, Menlu, Wamenparekraf, dan Wakapolda Kalimantan Tengah. Selain itu terdapat 65 pembicara yang akan berbagi keahlian, pengetahuan, pengalaman dan best practice untuk meningkatkan dan mencerahkan.

Adapun tema yang di angkat dalam konferensi IAWP tahun ini adalah "Women at The Center Stage of Policing” dengan 5 (lima) sub-thema meliputi: Women, Peace and Security,  Women and Leadership, Police Women and Their Challenges, The Role of Women in Policing, Science, Technology and Policing, Current Issues on Transnational Crimes. (*) 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama