Dinas PMPTSP Kolaka Utara Kagumi MPP Masiga Barru

BARRU (wartamerdeka.info) - Mal Pelayanan Publik (MPP)  Masiga Barru seakan tidak pernah sepi pengunjung. Sebelumnya rombongan OPD dari Kabupaten Soppeng Sulawesi Selatan, MPP berlantai 8 itu kembali kedatangan tamu , kali ini dikunjungi oleh Rombongan DPMPTSP Kab. Kolaka Utara Prov Sulawesi Tenggara, Senin (22/2/2022).

Rombongan dari Kolaka Utara ini dipimpin Kabid Pengaduan DPMTSP, Hatma, S.Pdi dengan mengikutsertakan beberapa pejabat DPMPTSP Kolaka Utara dan hadir pagi tadi di Daerah yang dipimpin oleh Bupati Barru, Ir. H. Suardi Saleh M.Si,  guna melakukan studi tiru. 

Kedatangan tamu daerah, disambut hangat Kepala DPMPTSPTK Kabupaten Barru, Syamsir, S.IP, M.Si. dengan diskusi serta berbagi informasi di Ruang Rapat MPP Lt. 2. 

Dalam kesempatan ini, Penanggungjawab Pengelolaan MPP Masiga Barru, Syamsir, SIP, M.Si mempresentasikan perjalanan Pemerintah Kabupaten Barru dalam upaya mewujudkan keberadaan Mal Pelayanan Publik. 

“Inisiasi dan komitmen Kepala Daerah merupakan hal yang paling utama dalam mengawali proses pembangunan Mal Pelayanan Publik,” ujarnya.

Syamsir menjelaskan bahwa awal terbentuknya MPP Masiga terdapat 21 Instansi dengan 91 produk layanan dan pada tahun 2022 ini dengan bergabungnya Kejaksaan Negeri Barru dan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Parepare serta Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Barru, maka total menjadi 24 instansi dan 108 produk layanan.

Setelah pemaparan yang langsung oleh Kepala DPMPTSP Barru, dilanjutkan diskusi tentang regulasi serta berbagai hal pendalaman teknis pengelolaan MPP dengan Online Single Submission (OSS) dan dinamika Daerah dalam penyelenggaraan pelayanan publik.

“Tanpa ada dukungan dari Kepala Daerah, (Bupati Barru, Ir. H. Suardi Saleh M.Si), mustahil proses selanjutnya dapat kami lalui," urai Syamsir yang diangguki oleh jajarannya.

Kegiatan ini ditutup dengan sesi foto bersama, setelah sebelumnya rombongan melakukan kunjungan pada gerai-gerai layanan yang terdapat pada Lantai 1 dan Lantai 2 Mal Pelayanan Publik Kabupaten Barru.

Pimpinan kunjungan study Kolaka Utara, Hatma, S.Pdi mengutarakan maksud Kunjungan ini untuk melakukan konsultasi dan koordinasi terkait implementasi Mal Pelayanan Publik di Kabupaten Barru yang sudah 2 tahun menyelenggarakan MPP. 

"Karena kami di Kolaka Utara juga merencanakan untuk membentuk MPP, kemudian untuk memperoleh pemahaman mengenai praktik baik yang selama ini dilakukan oleh DPMPTSPTK Kabupaten Barru dalam mengawal operasionalisasi Mal Pelayanan Publik dan penyelenggaraan pelayanan perizinan," sebut Hatma.

Salah satu pejabat DPMPTSP Kolaka utara, Ridwan dengan lugas memberikan apresiasi dan kekaguman terhadap MPP Masiga Barru dan berharap agar di Kolaka Utara juga segera terbentuk MPP. 

Diketahui, Gedung Layanan MPP Masiga dengan Menara Kantor Bupati Barru sebagai Landmark Barru yang diresmikan oleh Menteri dalam Negeri Tjahjo Kumolo pada Hari Jadi Barru Ke-60, hal ini berarti telah Dua tahun layanan yang memudahkan perijinan dan pelayanan publik lainnya ini beroperasi dan terus menjadi rujukan percontohan Nasional untuk Indonesia Timur.

(Humas/Syam)

Posting Komentar untuk "Dinas PMPTSP Kolaka Utara Kagumi MPP Masiga Barru"