Dirjen Bina Pemdes bersama Staf Khusus Mendagri pimpin Kick Off Meeting Program P3PD Lingkup Kemendagri

JAKARTA (wartamerdeka.info) - Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa (Dirjen Bina Pemdes) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sekaligus Kepala Central Project Management Unit  (CPMU) Program percepatan pelaksanaan program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) Yusharto Huntoyungo memimpin Kick Off Meeting Program P3PD secara hybrid, Kamis (14/4/2022). 

Rapat tersebut dilaksanakan dalam rangka evaluasi dan percepatan pelaksanaan P3PD yang anggarannya bersumber dari Pinjaman Luar Negeri International Bank for Reconstruction and Development (IBRD) no. 8491-ID, guna menindaklanjuti arahan Mendagri dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendagri untuk percepatan pelaksanaan program P3PD.

Poin-poin yang dibahas pada Kick Off Meeting tersebut antara lain, penegasan terkait peran,  lingkup tugas dan fungsi dari National Coordinator Platform (NCP), Steering Committee (SC), Executing Agency (EA), Coordinator Project Management Unit (CPMU), Program Implementing Unit (PIU); penegasan bisnis proses dan evaluasi capaian kinerja program dan anggaran CPMU dan PIU pada Komponen 1 tahun 2020-2021; status perkembangan pelaksanaan kegiatan dan pengadaan barang jasa untuk kegiatan tahun 2022; serta langkah-langkah percepatan CPMU dalam pelaksanaan pencapaian target. 

Staf Khusus Mendagri Bidang Pemerintahan Desa dan Pembangunan Perbatasan Hoiruddin Hasibuan yang hadir dalam pertemuan tersebut berpesan agar Dirjen Bina Pemdes selaku CPMU pada Program P3PD, segera melakukan proses akselerasi pelaksanaan P3PD dan secara periodik melaporkan perkembangan kepada Mendagri dan Sekjen. 

Dan kedepan agar dibuatkan agenda-agenda pertemuan guna membahas perkembangan P3PD dengan Sub Komponen di Internal maupun Eksternal, agar penguatan koordinasi di lingkungan Bina Pemdes semakin baik, kuat dan kompak. 

"Saya memiliki tanggung jawab besar karena diminta oleh Bapak Menteri agar dapat mengawal Dirjen dan lingkup Ditjen Bina Pemdes dalam semua kegiatan terkait pemerintahan desa. Saya juga berharap dan berpesan agar hambatan-hambatan yang ada dalam pelaksanaan kegiatan P3PD dapat diselesaikan, karena keberhasilan program ini menjadi tanggung jawab besar dari Kemendagri dan juga Bangsa Indonesia," kata Hoiruddin. 

Turut hadir pada kesempatan tersebut, perwakilan Bank Dunia Bambang Soetono dan Fithya Findie serta PIU dan pejabat struktural dan fungsional pelaksana program P3PD di lingkup Ditjen Bina Pemdes dan Kemendagri. (A)

Posting Komentar untuk "Dirjen Bina Pemdes bersama Staf Khusus Mendagri pimpin Kick Off Meeting Program P3PD Lingkup Kemendagri"