Gema Ramadhon Cinta Qur’an Bersama Anak PAUD, Fory: Wujudkan Anak Berahlak Mulia dan Mandiri

KAB GORONTALO (wartamerdeka.info) - Program PAUD Holistik integratif dalam rangka bulan suci Ramadhan menyelenggarakan tabliq akbar dengan tema”Gema Ramadhon Cinta Qur’an bersama anak PAUD Kabupaten Gorontalo dengan program 1000 anak baca Al Qur’an bersama."

Bunda  PAUD Kabupaten Gorontalo fory Naway, menjelaskan, kegiatan intinya adalah membaca surah alfatihah, AL ikhlas, al-Falaq, an-Nas , surah al- Kafirun, ayat Kursy dan bacaan lainnya yaitu, seperti doa belajar, doa kepada kedua orang tua, doa makan, doa sesudah makan, doa tidur, doa bangun tidur, dan doa keluar rumah, doa naik kendaraan, juga termasuk literasi anak bercerita tentang kisah kehidupan rasul dan cerita tentang kisah turunnya Al-qur’an.

"Ada juga mengangkat kisah nabi Adam bersama siti Hawa dll terkait dengan pandangan Para sahabat Nabi Muhammad SAW dan para tabi’in," jelasnya.

Istri Bupati Nelspn itu juga mengatakan, bahwa Program kegiatan gema Ramadhan cinta Al quran bersama anak PAUD ini,  penting dilakukan untuk memenuhi kebutuhan tumbuh kembang anak. 

"Meski berpuasa kita harus memberi kelonggaran terhadap anak, agar tetap bisa bermain sambil belajar, supaya perkembangan otak tidak terganggu," ungkapnya.

Ia juga menambahkan, ragam kegiatan Ramadhan untuk anak-anak juga bisa membangun karakter, jauh lebih positif.

Orang tua juga bisa memanfaatkan moment ini untuk, memperkuat hubungan anak.

Dibadingkan menunggu waktu berbuka hanya nonton tv, tidur-tiduran atau main game, lebih baik dimanfaatkan waktunya di bulan suci ramadhan dengan lebih optimal.

Oleh karena itu Program PAUD Holistik integratif dalam rangka bulan suci Ramadhan menyelenggarakan Tabliq akbar dengan tema "Gema Ramadhan Cinta Qur’an bersama anak PAUD Kabupaten Gorontalo dengan program 1000 anak baca Al qur’an bersama Mewujudkan Anak Berahlak Mulia dan Mandiri."

A. Kegiatan Sekolah.

1. Belajar Sholawat Nabi

2. Melatih Sholat Berjamaah

3. Belajar Iqro Bersama

4. Hafalan Surat pendek (Al-fatiha, Al-iklas, Al-Falaq, dan An-nas).

5. Menceritakan kisah - kisah nabi dan rasu

6. Mengajak anak-anak berkujung ke panti asuhan untuk berbagi.

B. Kegiatan dirumah

1. Memberi makanan kepada tetangga untuk berbuka

2. Menyiapkan makanan berbuka puasa

3. Anak-anak dilatih untuk berpuasa praktek wudhu, sholat berjamaah, pengenalan, ramadhan keutamaan serta aktifitasnya mendegarkan dogeng islam.

4. Melaksanakan sholad duha jam 7 pagi sebelum masuk sekolah.

"Semoga dengan menjalankan kegiatan seperti ini di bulan Ramadhon, generasi anak-anak kita menjadi, memiliki akhlak yang baik," tandasnya. (Irf)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama